Emak-emak Tutup Pelat Pakai Celana Dalam Hindari ETLE, Polisi Buka Suara

Emak-emak Tutup Pelat Pakai Celana Dalam Hindari ETLE, Polisi Buka Suara

Emak-emak di Lamongan tutupi pelat nopol dengan CD hindari ETLE (Foto: Tangkapan layar)

Lamongan - Video emak-emak di Sekaran, Lamongan, yang menutupi pelat motornya dengan celana dalam (CD) viral di media sosial. Aksi itu diduga demi menghindari kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Dilansir dari detikJatim, dalam video berdurasi 2 detik itu, disebutkan aksi emak-emak itu disebutkan terjadi di Pasar Miru, Sekaran, Lamongan.

Kasat Lantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Sutrisno mengaku baru tahu soal aksi emak-emak itu. Aris mengimbau masyarakat tidak perlu takut akan keberadaan ETLE mobile. Pasalnya, tujuan utama ETLE mobile adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya tertib berlalu lintas.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya ETLE mobile, tujuan utama ETLE mobile adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya tertib berlalu lintas, bahwa keselamatan itu adalah kebutuhan kita bersama untuk menyelamatkan anak bangsa," kata Kasat Lantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Sutrisno, Kamis (30/6/2022).

Aris juga menegaskan, selama pengendara kendaraan bermotor tertib dalam berlalu lintas, maka sistem Artificial Intelligent (AI) dalam ETLE mobile tidak akan merekam pengendara.

"Selama kita tertib dalam berlalu lintas, sistem Artificial Intelligent (AI) dalam ETLE tidak akan merekam, yang direkam sistem adalah yang tidak tertib dalam berlalu lintas, melanggar aturan lalu lintas. Kalau taat aturan kenapa harus takut," tandas Aristanto.

(fox)