Mulai 2023, Satelit Space-X Milik Elon Musk Buka Akses Telepon Seluler ke Seluruh Penjuru Dunia

Mulai 2023, Satelit Space-X Milik Elon Musk Buka Akses Telepon Seluler ke Seluruh Penjuru Dunia

Ilustrasi. (Foto: via UC Health)

Texas - Satelit SpaceX Elon Musk akan dipancarkan langsung ke ponsel T-Mobile untuk menyediakan akses layanan bahkan di tempat paling terpencil di luar jangkauan menara seluler, tahun depan.

Kedua pemilik perusahaan mengumumkan layanan baru yang akan bekerja pada ponsel yang ada menggunakan jaringan SpaceX.

Layanan baru ini akan menawarkan layanan pesan teks mulai akhir 2023, dengan panggilan suara dan layanan data diperkirakan akan menyusul setelah itu.

Menurut Musk, perkembangan itu berarti tidak ada lagi zona mati atau area di seluruh dunia tanpa saluran telepon seluler.

Ia menjelaskan, layanan tersebut juga akan menyelamatkan nyawa manusia, misalnya pejalan kaki yang tersesat dan tidak bisa meminta bantuan.

“Kita tidak akan lagi mendengar tragedi tentang orang yang hilang dan hilang, karena mereka dengan mudah meminta bantuan secara langsung,” katanya dikutip dari AFP, Sabtu (27/8/2022).

Meskipun internet satelit telah ada selama bertahun-tahun, Musk mengatakan, pengguna saat ini membutuhkan peralatan khusus seperti terminal Starlink.

"Ini memungkinkan transmisi teks, gambar dan jika tidak ada terlalu banyak pengguna di zona sel, Anda juga berpotensi mengirim sedikit video," katanya.

CEO T-Mobile Mike Sievert mengatakan dia mengharapkan layanan baru ini gratis di sebagian besar paket telepon seluler, meskipun mungkin ada biaya bagi pengguna untuk paket berbiaya rendah.

"Ini seperti menempatkan menara seluler di langit yang terlihat lebih sulit," katanya.

Persaingan di pasar internet satelit semakin ketat dengan pendiri Amazon, Jeff Bezos mengumumkan niatnya untuk meluncurkan 3.200 satelit ke luar angkasa, baru-baru ini.

China, di sisi lain, memiliki rencana untuk meluncurkan 13.000 satelit yang disebut Guowang dan Uni Eropa ingin menggunakan 250 satelit pada tahun 2024.
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews