Pilkada Serentak 2015 Sepi, Inilah Penyebabnya

Pilkada Serentak 2015 Sepi, Inilah Penyebabnya

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Tahapan pilkada serentak tahap pertama di Indonesia terasa sepi. Selain aturan soal kampanye yang terbatas, diduga para cukong atau investor enggan menggelontokan dananya.

Ketua Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Didik Supriyanto mengatakan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak terasa sepi.

"Kewenangan kekuasaan bupati dan wali kota terbatas. Sehingga upaya untuk izin dan lainnya tidak menarik minat investor," ujar Didik dalam diskusi Pilkada Klimaks atau Anti Klimaks di Gado-gado Boplo, Jakarta, akhir pekan lalu.

Ia menambahkan, para cukong yang biasa membiayai pasangan calon kepala daerah memiliki dana terbatas. Sehingga, para cukong hanya mampu membiayai pasangan calon kepala daerah pada titik-titik tertentu.

"Dia (cukong) tahu Bupati dan Wali Kota kewenangannya tidak banyak. Makanya hampir semua pasangan calon sulit melakukan kampanye, karena mereka tidak punya duit," kata Didik menambahkan.

Didik mengaku pernah bertemu dengan beberapa politisi partai yang merupakan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang menceritakan keluhan para calon kepala daerah. Saat partai memang tidak secara resmi mendukung pasangan calon terutama dari sisi anggaran.

Faktor lain penyebab kurangnya gaung tahapan Pilkada karena sepinya kampanye. Saat ini, tahapan kampanye para calon kepala daerah dibiayai negara. Sehingga kampanye hanya pertemuan terbatas dan mengelilingi kampung. "Maka dari itu tak heran jika situasi Pilkada yang berlangsung saat ini terasa sepi."

(ind/bbs/suara)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews