Catat! Berikut 6 Gejala Awal Diabetes yang Patut Diwaspadai

Catat! Berikut 6 Gejala Awal Diabetes yang Patut Diwaspadai

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Munculnya gejala awal diabetes sering kali tak disadari. Hal itu membuat banyak orang dengan diabetes terlambat untuk mendapatkan penanganan.

Diabetes jadi penyakit yang kini banyak diderita orang. Usia penderita pun beragam. Jika dulu hanya diderita kelompok lanjut usia (lansia), sekarang mereka yang berusia 30-an juga bisa terserang diabetes.

Biasanya, orang tak benar-benar sadar akan diabetes yang diidapnya. Sebagian besar gejalanya bahwa dianggap sepele, hingga diabaikan begitu saja.

Padahal, menyadari gejala diabetes sejak dini sangat penting agar penanganan bisa dilakukan sesegera mungkin. Ada dua jenis diabetes yang dikenal masyarakat. Biasanya disebut dengan diabetes kering dan diabetes basah.

Walau terlihat berbeda, tapi keduanya memiliki gejala awal yang sama. Penting bagi Anda untuk menyadari gejala awal diabetes yang dialami untuk kemudian melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

1. Gampang lapar

Tubuh terasa lebih sering lapar dan lelah dalam waktu yang sama. Melansir WebMD, hal ini bisa terjadi karena tubuh mengubah makanan menjadi glukosa yang semestinya digunakan sel-sel untuk energi.

2. Sering kencing dan haus

Rata-rata orang buang air kecil antara empat hingga tujuh kali dalam 24 jam. Namun, penderita diabetes mungkin buang air kecil lebih banyak dan sering. Hal ini terjadi karena tubuh menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal.

 

3. Mulut kering dan kulit gatal

Terlalu sering buang air kecil membuat kulit mengering karena cairan yang harusnya diserap kulit malah terus dikeluarkan. Sementara kulit yang kering bisa menimbulkan rasa gatal.

Bukan cuma itu, Anda juga bisa mengalami dehidrasi yang juga membuat mulut terasa kering.

4. Penglihatan kabur

Perubahan kadar cairan dalam tubuh bisa membuat lensa di mata membengkak. Bagian tersebut akan berubah bentuk dan membuat penglihatan jadi tidak fokus.

5. Luka sulit sembuh

Seiring waktu, gula darah yang tinggi dapat memengaruhi aliran darah dan menyebabkan kerusakan saraf yang membuat tubuh sulit menyembuhkan luka.

6. Kesemutan dan mati rasa

Nyeri atau mati rasa di kaki atau tangan bisa sering dirasakan pengidap diabetes. Kondisi ini menjadi salah satu bentuk dari kerusakan saraf yang diakibatkan oleh diabetes.

Itulah tanda-tanda dan gejala awal diabetes yang harus disadari. Segera lakukan pemeriksaan jika Anda mengalami beberapa gejala di atas.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews