Catat, Ini Deretan Makanan Penyebab Kadar Asam Urat Naik

Catat, Ini Deretan Makanan Penyebab Kadar Asam Urat Naik

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Kadar asam urat yang tinggi di dalam darah dapat disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Seseorang perlu mengenali apa saja makanan penyebab asam urat, sehingga dapat terhindar dari penyakit asam urat.

Dikutip dari Cleveland Clinic, mereka yang memiliki kadar asam urat tinggi di dalam tubuh umumya mempunyai kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi purin. Purin adalah bahan kimia yang secara alami ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu, dan ketika tubuh memecah bahan kimia ini, maka asam urat akan terproduksi.

Adapun gejala paling umum dari penyakit asam urat adalah nyeri pada area persendian, seperti di lutut, pergelangan kaki, jari-jari kaki, atau jari-jari tangan. Seseorang tidak boleh menyepelekan nyeri tersebut karena dapat bertambah parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Deretan Makanan Penyebab Asam Urat

Inilah daftar 6 makanan yang bisa menyebabkan kadar asam urat di dalam tubuh meningkat, di antaranya:

1. Makanan Laut

Makanan pertama yang perlu dikurangi atau bahkan dihindari oleh penderita asam adalah makanan laut. Beberapa makanan laut yang mengandung banyak purin adalah ikan haring, scallop, remis, codfish, tuna, trout, dan haddock.

2. Daging Merah

Makanan selanjutnya yang perlu dihindari oleh pengidap asam urat adalah daging merah seperti daging sapi, babi, domba, dan bacon. Pasalnya, daging dari hewan tersebut mengandung purin yang tinggi dan dapat berakibat pada tingginya asam urat pada tubuh.

Ketika seseorang ingin mengonsumsi daging-dagingan, namun khawatir dengan kandungan purinnya, disarankan untuk mengonsumsi daging ayam atau unggas. Daging tersebut dipercaya aman bagi pengidap asam urat.

3. Jeroan

Sudah bukan rahasia umum lagi jika jeroan adalah makanan yang kandungan purinnya tinggi. Mereka yang memiliki kadar asam urat tinggi di dalam tubuh sebaiknya menghindari mengonsumsi jeroan, seperti hati sapi, otak sapi, maupun usus ayam.

4. Minuman Manis

Minuman manis dan bersoda juga perlu dihindari jika tidak ingin penyakit asam uratnya kambuh. Kebanyakan minuman ini mengandung fruktosa yang dapat merangsang produksi asam urat tubuh menjadi lebih banyak.

5. Minuman Beralkohol

Meskipun tidak semua minuman beralkohol tinggi purin, alkohol dapat mencegah ginjal seseorang untuk mengeluarkan asam urat melalui urine. Tentu hal tersebut akan menarik kembali asam urat ke dalam tubuh, sehingga terus menumpuk.

6. Daging Unggas

Daging ayam dan daging bebek umumnya aman dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit asam urat. Namun, daging unggas lainnya, seperti kalkun dan angsa merupakan daging hewan yang memiliki kandungan purin yang tinggi.

Kurangi atau bahkan hindari makanan penyebab asam urat tersebut agat kadar asam urat di dalam tubuh tetap terkontrol. Konsumsi makanan rendah purin, seperti susu, buah-buahan, dan sayur-sayuran agar penyakit asam urat tidak datang kembali.

(ruz)
Komentar Via Facebook :