Menilik 8 Manfaat Sorgum Bagi Kesehatan Tubuh

Menilik 8 Manfaat Sorgum Bagi Kesehatan Tubuh

Tanaman sorgum (Foto:ist)

Jakarta, Batamnews - Sorgum direncanakan bakal jadi pengganti gandum sebagai bahan dasar pembuatan mi instan.

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Fransiscus Wilirang mengatakan bahwa pengembangan sorgum sangat penting untuk menggantikan tepung terigu berbahan gandum impor yang saat ini sulit didapatkan akibat krisis global.

Melansir Healthline, sorgum kaya akan berbagai nutrisi, termasuk vitamin B, yang berperan penting dalam metabolisme, perkembangan sel saraf, serta kesehatan rambut dan kulit.

Sorgum juga merupakan sumber yang kaya magnesium, mineral yang penting untuk pembentukan tulang, kesehatan jantung, dan lebih dari 600 reaksi biokimia dalam tubuh, seperti produksi energi dan metabolisme protein.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 8 manfaat sorgum untuk kesehatan.

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Sorgum adalah salah satu makanan terbaik untuk serat. Secangkir biji-bijian sorgum mengandung hampir 13 gram serat makanan yang dapat memperlancar saluran pencernaan, mencegah kram, kembung, sembelit, sakit perut, kelebihan gas, dan diare.

2. Mengelola diabetes dengan baik

Mengutip Organic Facts, sorgum baik untuk diabetes karena berperan sebagai makanan indeks glikemik rendah. Mengonsumsi sorgum juga bermanfaat untuk mengontrol kadar glukosa darah dengan lebih baik dan meningkatkan sensitivitas insulin bagi pasien diabetes.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Sorgum memiliki potensi untuk mengelola kolesterol darah. Serat pada sorgum membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) karena kemampuannya untuk mengurangi jumlah empedu yang diserap kembali di usus.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa lipid sorgum juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol. Tingkat kolesterol yang lebih rendah mengurangi risiko stroke, peradangan kronis, dan diabetes tipe 2.

 

4. Menurunkan berat badan

Sorgum merupakan sumber serat makanan yang sangat baik. Asupan serat dapat meningkatkan rasa kenyang yang bisa menahan lapar.

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Kalsium dan magnesium sangat penting untuk tulang yang kuat. Magnesium merangsang penyerapan kalsium dalam tubuh yang penting untuk kesehatan tulang. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis dan radang sendi.

Sorgum adalah sumber kalsium dan magnesium yang baik. Setiap 100 gram sorgum memenuhi 5 persen dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan dan 40 persen dari asupan magnesium yang direkomendasikan setiap hari.

6. Membantu menghilangkan stres

Vitamin B6 yang terdapat dalam sorgum memainkan peran utama dalam produksi asam gamma-aminobutyric neurotransmitter (GABA). GABA bertanggung jawab untuk mengatur impuls saraf dalam tubuh manusia.

Peningkatan produksi GABA meningkatkan suasana hati seseorang, kemampuan untuk fokus, meningkatkan relaksasi, dan membantu mengendalikan stres dan depresi.

7. Menghambat pertumbuhan tumor

Mengutip berbagai sumber, senyawa 3-deoxy anthocyanins.(3-DXA) yang sebagian besar terdapat pada sorgum terbukti memiliki aktivitas anti-proliferasi yang kuat terhadap sel kanker usus besar manusia.

Antioksidan di dalam lapisan dedak biji sorgum mengais radikal bebas berbahaya dan mengurangi kemungkinan berkembangnya berbagai jenis kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan sorgum dapat menurunkan risiko terkena kanker kerongkongan.

8. Melancarkan peredaran darah

Sorgum kaya akan tembaga dan zat besi. Keduanya merupakan mineral penting yang berperan dalam sirkulasi darah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews