Bagaimana Cara Berhenti Menggunakan Layanan BPJS Kesehatan?

Bagaimana Cara Berhenti Menggunakan Layanan BPJS Kesehatan?

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Karena sejumlah alasan, sejumlah orang ini berhenti menggunakan layanan BPJS Kesehatan yang dimilikinya. Oleh karena itu banyak yang mencoba untuk mencari cara menonaktifkan BPJS Kesehatan.

Namun perlu diketahui bahwa peserta aktif BPJS Kesehatan tidak dapat menonaktifkan kepesertaannya. Sebab BPJS Kesehatan adalah program pemerintah yang memuat secara jelas bahwa semua penduduk wajib menjadi peserta.

Dengan demikian sejatinya tidak ada cara bagi peserta aktif untuk menonaktifkan atau memberhentikan layanan BPJS Kesehatan yang dimilikinya.

Jika peserta memilih untuk menunggak atau tidak membayar iuran, status peserta BPJS Kesehatan memang menjadi tidak aktif, tapi bukan berarti berhenti menjadi peserta dan tetap harus membayar iuran bulanan.

BPJS Kesehatan baru bisa dinonaktifkan hanya jika peserta sudah meninggal atau menjadi warga negara lain. Lantas bagaimana caranya? Dikutip dari Lifepal, berikut sejumlah cara untuk menonaktifkan BPJS Kesehatan.

Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan via Aplikasi

Cara pertama yang paling mudah adalah secara online. Hal ini dapat dilakukan melalui aplikasi E-Dabu.

Aplikasi E-Dabu (Elektronik Data Badan Usaha), adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan dengan tujuan mempermudah badan usaha dalam mengelola jaminan kesehatan untuk karyawannya.

Untuk menonaktifkan keanggotaan BPJS Kesehatan lewat aplikasi E-Dabu, kamu dapat mengikuti langkah-langkah, berikut ini:

1. Download aplikasi E-Dabu di Google Play Store

2. Selanjutnya, kamu harus mendaftar, kemudian login dengan username dan password yang sebelumnya dibuat

3. Pilih menu mutasi peserta

4. Lalu pilih menu data peserta

5. Kemudian akan muncul seluruh daftar peserta

6. Setelah seluruh daftar peserta tampil, pilih nama yang akan dinonaktifkan dari kepesertaannya

7. Jika sudah memilih, klik nonaktifkan peserta

8. Selesai

 

Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan via Layanan Pandawa

Selain cara di atas, kamu juga bisa melakukan penonaktifan melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa). Melalui Pandawa, kamu juga bisa mengubah segala bentuk keperluan lainnya seperti menambah anggota baru hingga ubah jenis kepesertaan.

Selain itu tentu saja kamu juga bisa menonaktifkan BPJS Kesehatan milikmu. Caranya adalah dengan menghubungi layanan Pandawa pada jam kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.00 dan memilih layanan penonaktifan peserta.

Perlu diketahui bahwa nomor WhatsApp layanan pandawa di setiap kantor cabang berbeda-beda. Informasi nomor admin layanan pandawa dapat dilihat pada akun Instagram @bpjskesehatan_ri.

Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan via Kantor Cabang

Selain dapat dilakukan secara online, kalian juga bisa menonaktifkan BPJS Kesehatan secara offline. Adapun yang bersangkutan dapat secara langsung mendatangi kantor BPJS Kesehatan.

Treatmen ini juga berguna untuk cara menonaktifkan BPJS Kesehatan karena meninggal dunia. Berikut adalah langkah yang bisa kamu lakukan, saat datang ke kantor BPJS:

1. Siapkan sejumlah berkas berupa fotokopi KK (Kartu Keluarga), fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk).

2. Untuk cara menonaktifkan karena meninggal dunia, biasanya membawa foto copy surat kematian, serta bukti pembayaran iuran terakhir.

3. Datangi kantor BPJS Kesehatan setempat, untuk menjelaskan tujuan serta memberikan berkas-berkas yang dibutuhkan.

4. Petugas akan memproses permintaan kamu, sehingga status keanggotaan BPJS Kesehatan dapat diganti menjadi nonaktif

Demikian sejumlah cara menonaktifkan BPJS Kesehatan. Ingat ya BPJS ini tidak dapat dinonaktifkan terkecuali pihak yang bersangkutan sudah meninggal dunia ataupun pindah kewarganegaraan.

(ruz)

Berita Terkait