Cuaca Ekstrem, Sejumlah Wilayah di Bintan Terendam Banjir dan Tanah Longsor

Cuaca Ekstrem, Sejumlah Wilayah di Bintan Terendam Banjir dan Tanah Longsor

Warga mengecek kondisi titik longsor di Bintan akibat cuaca ekstrem (Foto: ist)

Bintan, Batamnews - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur Kabupaten Bintan, Selasa (2/8/2022). Akibatnya, sejumlah wilayah terendam banjir dan tanah longsor.

"Dari beberapa kecamatan di Bintan yang dilanda hujan, Kecamatan Bintan Timur yang parah karena terkena banjir dan tanah longsor. Bahkan ada 17 titik lokasi di sana," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan, Ramlah, Rabu (3/8/2022).

Belasan lokasi yang terdampak banjir dan tanah longsor antara lain di Kelurahan Kijang Kota meliputi Kampung Pisang, Kampung Kuala Lumpur, Sungai Datuk, Kampung Kolam, Pasar Inpres, Kampung Lengkuas, Jalan Nusantara Km 23 Kampung Budi Mulya dan Kampung Sidodadi.

Kelurahan Seilekop yaitu Kampung Baru, Jalan Korindo, Jalan Musi, Seputaran Jalan Km 20, Perumahan Sederhana Km 20. Kelurahan Gunung Lengkuas yaitu Kampung Teratai, Kampung Telaga Biru, dan Kampung Wacopek serta Kelurahan Seienam.

"Tapi paling parah banjir dan tanah longsor di Bintan Timur ada di 3 lokasi. Yaitu Kampung Pisang, Kampung Kuala Lumpur dan Sungai Datuk," tuturnya.

Akibat banjir tersebut, puluhan rumah yang ditempati ratusan jiwa terdampak. Bahkan ada puluhan warga yang mengungsi ke rumah kerabatnya. Kemudian juga ada 3 warga yang dilarikan ke RSUD Bintan yaitu 1 orang tertimpa tanah longsor dan 2 orang terkena banjir.

"Kalau korban tanah longsor itu Ibu Marma usianya 42 tahun. Dia tertimpa tanah longsor saat lagi cuci baju. Kalau 2 orang lagi yang terkena banjir saya lupa namanya," katanya.

Dengan adanya bencana ini, kata Ramlah, semua pihak turun tangan. Mulai dari BPBD Bintan, Dinsos Bintan, Kapolsek Bintan Timur, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kijang Kota, Camat Bintan Timur, Lurah KIjang Kota, Tagana,  dan Ketua RT/RW serta warga setempat.

"Pendataan sampai saat ini masih dilakukan. Kita juga sudah membuat pos bencana dan mengirimkan bantuan . Baik kasur dan lainnya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Bintan, Syamsul mengatakan pihaknya sudah menyalurkan berbagai bantuan untuk korban banjir dan tanah longsor di Bintan Timur.

(ary)