Tren Aneh Anak Muda di India: Minum Larutan Kondom Berperisa

Tren Aneh Anak Muda di India: Minum Larutan Kondom Berperisa

Ilustrasi. (Foto: Dreamstime)

New Delhi - Tren aneh menghinggapi sejumlah anak muda di wilayah Durgapur di Benggala Barat, India. Mereka doyan meminum larutan kondom berperisa.

Menurut saluran televisi lokal India, News 18, dengan meminum larutan ini, anak-anak muda itu akan merasakan halusinasi alias mabuk.

Imbasnya, kondom dengan aneka rasa itu lenyap dari pasaran.

“Sebelumnya, tiga hingga empat paket kondom terjual setiap hari. Sekarang, paket kondom hilang dari toko,” kata seorang penjaga toko di sebuah toko obat kepada News 18, dilansir Harian Metro, Selasa (2/8/2022).

Menurut News 18, poliuretan akan dilepaskan ke udara ketika kondom rasa direndam dalam air panas dan akan menyebabkan halusinasi, menurut portal Vice.

Poliuretan adalah bahan plastik yang digunakan dalam produk seperti insulasi bangunan, suku cadang mobil, dan perekat, menurut situs web poliuretan.

Vice menginformasikan, kondom biasanya dibiarkan terendam air selama enam sampai delapan jam sebelum diminum.

Dheeman Mandal, seorang karyawan di Rumah Sakit Divisi Durgapur, mengatakan kepada News 18 bahwa prosesnya membuat ketagihan.

"Kondom mengandung senyawa aromatik. Mereka membentuk alkohol sampai seseorang menjadi kecanduan. Senyawa aromatik ini juga ditemukan pada lem dendrit. Jadi banyak orang menggunakan lem dendrit untuk kecanduan juga," kata Mandal.

Para ahli mengatakan kepada Vice bahwa meminum air kondom rasa memiliki efek buruk.

"Minum air ini bisa menyebabkan keracunan dan kecanduan. Jika diminum berulang kali, akan berdampak negatif pada paru-paru dan ginjal, serta membahayakan sistem saraf tubuh," kata spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Fortis, Kolkata, Joydeep Ghosh

Sementara itu, kepala perawatan kritis di Rumah Sakit SL Raheja Mumbai, Sanjith Saseedaran dalam percakapan dengan Vice menginformasikan bahwa asupan jangka panjang ini dapat menyebabkan masalah kesehatan mental.

(dod)