Belum Ada Temuan Kasus Cacar Monyet di Kepri, Dinkes: Tetap Waspada

Belum Ada Temuan Kasus Cacar Monyet di Kepri, Dinkes: Tetap Waspada

Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, salah satu pintu masuk internasional di Kepri.

Tanjungpinang, Batamnews - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau merespons perkembangan kasus infeksi cacar monyet atau monkeypox yang ditemukan di sejumlah negara Asia Tenggara.

Kewaspadaan pun muncul seiring dengan temuan kasus cacar monyet di Singapura, menyusul telah dibukanya jalur pelayaran internasional dari dan ke negara tersebut.

"Hingga saat ini di kita belum ada (kasus cacar monyet). Tapi kita sudah menyebarkan surat edaran kewaspadaan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Mochammad Bisri, Senin (1/8/2022).

Dalam surat edaran kewaspadaan tersebut diimbau Dinkes kota/provinsi ataupun tempat pelayanan kesehatan melakukan pengawasan terhadap pasien.

Jika ditemukan ada pasien yang suspek cacar monyet maka segera untuk melakukan tindakan lebih lanjut dengan mengirimkan sampel ke BPTKL.

"Isinya kalau ada pasien yang dicurigai, atau menemukan gejala penyakit yang berbeda, maka sampelnya segera dikirimkan ke BPTKL," terang Bisri.

Sementara pengawasan juga dilakukan di Pelabuhan Sri Bintan Pura yang menjadi pintu masuk utama ke Kota Tanjungpinang.

Kepala KKP Kelas II Tanjungpinang, Agus Jamaluddin mengimbau agar masyarakat jangan panik.

"Tidak panik, tidak percaya akan berita-berita hoax, laksanakan prokes Covid-19 dan lakukan perilaku hidup bersih dan sehat," pesan Agus.

(CR1)