Kominfo Blokir Steam, Epic Games, hingga PayPal Mulai Hari Ini

Kominfo Blokir Steam, Epic Games, hingga PayPal Mulai Hari Ini

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Platform game Steam dan Epic Games tidak bisa diakses oleh sejumlah penyedia internet pada Sabtu, 30 Juli 2022, imbas dari langkah mereka yang tidak melakukan registrasi dalam aturan Penyedia Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang dibuat Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Laporan kumparan, situs web Steam dan Epic Games tidak bisa diakses dengan jaringan internet Telkom IndiHome, Telkomsel, XL Axiata, hingga Biznet. Begitu juga dengan mesin pencari Yahoo yang tidak bisa diakses oleh sejumlah penyedia jasa internet.

PayPal juga tidak bisa diakses karena masuk dalam daftar PSE Asing yang Dihentikan Sementara.

Platform e-commerce Amazon.com diketahui belum melakukan registrasi, tetapi masih bisa diakses pada Sabtu (30/7) pagi ini, sekitar pukul 08.30 WIB.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo No 5 Tahun 2020 tentang PSE Lingkup Privat, setiap perusahaan yang menyediakan sistem elektronik di Indonesia, wajib mendaftarkan layanan mereka per domain. Kominfo akan memblokir situs web atau aplikasi yang tidak melakukan registrasi PSE Lingkup Privat.

Terdapat enam kategori PSE Lingkup Privat, baik domestik maupun luar negeri, yang wajib daftar ke PSE Kominfo. Beberapa kriteria tersebut antara lain portal/situs/aplikasi/jaringan yang memberikan layanan transaksi keuangan, komunikasi dan sosial media, layanan berbayar, layanan mesin pencari, dan sebagainya.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, menyatakan enggan memusingkan para Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) asing belum mendaftarkan diri. Kominfo memberikan tenggat waktu bagi mereka untuk registrasi hingga Jumat, 29 Juli pukul 23.59 WIB.

Kekosongan pada layanan yang diblokir itu diharapkan Semuel dapat diisi oleh layanan atau aplikasi yang dibuat oleh anak bangsa.

"Loh, mereka [SE asing] enggak mau mendaftar itu juga karena pilihan mereka. Mereka itu mendaftar karena melihat Indonesia adalah potensial. Kalau mereka tidak mendaftar, yang lainnya akan masuk. Malahan itu akan membuka peluang bagi anak bangsa," ujar Semuel dalam konferensi pers di Kaum Jakarta, Jumat (29/7/2022).

Ia mengungkapkan bahwa ada 10 PSE yang belum terdaftar, dan akan diblokir jika belum mendaftar di Sabtu ini. PSE tersebut antara lain Amazon (e-commerce), PayPal, Yahoo (search engine), Bing (seach engine), Steam (marketplace game), Dota (game online), Counter Strike atau CS (game online) Epic Game, Battle.net, Origins/Electronic Arts.

Kominfo mengatakan total ada 8.962 sistem elektronik yang beroperasi di Indonesia, terdiri dari 8.680 sistem elektronik domestik dan 282 sistem elektronik asing.