Bobby Nasution ke Tanjungpinang Belajar Pengelolaan Permukiman di Pesisir

Bobby Nasution ke Tanjungpinang Belajar Pengelolaan Permukiman di Pesisir

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengunjungi Kota Tanjungpinang. [dok Pemkot Medan]

Tanjungpinang - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengunjungi kota-kota yang dianggap berhasil membangun kawasan pesisirnya. 

Kota Tanjungpinang di Kepulauan Riau, menjadi destinasi survei penerapan rumah apung.

Hal ini sebagai bentuk keseriusan Bobby membenahi kawasan Medan bagian Utara, khususnya di Kecamatan Medan Belawan.

Bobby telah mencanangkan pembangunan besar di Belawan. Pertama, rumah-rumah warga ingin dibangun dengan konsep apung atau rumah bergaya panggung agar tak mudah tergenang jika datang banjir rob.

Kedua, mencanangkan pembangunan tanggul rob yang berfungsi menangkal genangan akibat banjir yang kerap menghantui warga Belawan tersebut.

"Banyak yang kita dapat di sini, salah satunya infrastruktur jalan yang baik. Mudah-mudahan jalanan Kota Medan sesuai dengan target kita, dua tahun dapat mulusnya sama dengan mulusnya jalan di Kota Tanjungpinang ini," kata Bobby dalam keterangan yang diterima, Senin (25/7/2022).

Paling utama adalah konsep penataan kawasan kumuh di Kota Medan bisa teratasi dengan mencontoh yang sudah dilakukan di Tanjungpinang.

Didampingi Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, Bobby melihat langsung penataan kawasan kumuh di Kampung Bugis dan Senggarang lewat pembangunan rumah apung yang menjadi pemenanganan persoalan banjir rob.

Bobby mengatakan, untuk membangun Medan bagian Utara, khusunya Belawan, pihaknya dibantu Kementerian PUPR.

"Ini merupakan salah satu upaya kami dalam mengatasi permasalahan kemiskinan di Belawan. Gak cocok kalau cuma bantuan saja, namun juga harus suistinable lewat pembangunan Medan bagian Utara sehingga perekonomian di Belawan turut meningkat," kata Bobby.