9 Ide Bisnis Modal Kecil Bagi Anda Si Pecinta Kucing

9 Ide Bisnis Modal Kecil Bagi Anda Si Pecinta Kucing

ilustrasi.

Batam - Ide bisnis modal kecil membuat banyak orang penasaran. Bukan sesuatu yang mustahil, bisnis modal kecil bisa dimulai dari rumah, contohnya bagi Anda si pecinta kucing. Ini sudah waktunya bagi Anda si pecinta kucing untuk mendulang cuan.

Kucing adalah hewan peliharaan yang imut dan lucu. Anda mungkin pernah atau sedang memelihara kucing. Hewan berkaki empat ini juga mudah Anda temui di jalanan, sekolah, atau lingkungan kantor. Kini, sudah saatnya Anda merawat kucing dengan baik sembari menjalankan bisnis.

Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pecinta Kucing

Biasanya Anda memelihara kucing agar tak kesepian. Namun, ada peluang bisnis yang menarik bagi Anda si pecinta kucing. Berikut 9 ide bisnis modal kecil bagi Anda si pecinta kucing.

1. Content Creator

Kemajuan teknologi memberi banyak kemudahan. Kini, ada ide bisnis yang bisa Anda si pecinta kucing coba. Ya, menjadi content creator. Seperti sudah disinggung sebelumnya, kucing adalah hewan peliharaan yang imut, lucu, dan menarik perhatian banyak orang.

Jika Anda merasa malu tampil di depan kamera sebagai content creator, ini saatnya mengajak kucing kesayangan Anda untuk tampil bersama. Anda mungkin tak asing dengan kucing pororo yang sempat hilang belakangan ini. Ya, kucing tersebut viral di TikTok karena tingkah lucunya saat membantu sang pemilik berjualan baju dan aksesoris kucing.

2. Baju dan Aksesoris Kucing

Masih berkaitan dengan ide bisnis modal kecil yang pertama, Anda bisa mencoba menjual atau menjadi reseller baju dan aksesoris kucing. Jika tak bisa memproduksi sendiri, berarti Anda harus mencari supplier yang memberi harga murah agar mendapat keuntungan yang besar.

Setelah itu, kucing kesayangan Anda bisa dijadikan model baju dan aksesoris kucing yang dijual. Selain melakukan promosi menarik, jangan lupa untuk membuat kemasan yang kreatif agar semakin memikat calon konsumen.

3. Makanan Kucing

Makanan adalah hal penting yang perlu diperhatikan bagi Anda si pecinta kucing. Jika selama ini kucing Anda memiliki makanan favorit yang mungkin tak biasa bagi kucing lainnya, tak ada salahnya untuk mulai menjualnya. Anda juga bisa menyetok aneka makanan kucing lain untuk dipasarkan.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk menjual makanan kucing yang umum dengan sistem repack atau mengemas ulang. Jadi, Anda bisa beli makanan kucing dalam bentuk karungan lalu dikemas ulang dalam bentuk 1kg. Anda juga bisa memberikan sentuhan baru pada kemasan agar memikat calon konsumen.

4. Kandang Kucing

Jika Anda mahir untuk membuat kandang kucing sendiri, ide bisnis modal kecil satu ini bisa dicoba. Kucing butuh kandang untuk istirahat setelah lelah seharian bermain. Permintaan yang tinggi bisa jadi peluang besar bagi Anda untuk melakoni bisnis ini. Jangan lupakan unsur pembeda kandang buatan Anda dengan kandang-kandang lainnya.

5. Rumput Kucing

Ide bisnis modal kecil lainnya yang bisa dicoba adalah menjual rumput kucing atau rumput gandum. Rumput kucing memiliki banyak manfaat untuk sistem pencernaan dan peredaran darah kucing.

Jika Anda tertarik menjual rumput kucing, segera temukan supplier yang menjual dengan harga murah. Anda memerlukan pot, media tanam, bibit gandum, hingga kemasan kardus.

Setelah itu, Anda bisa mulai menjual rumput kucing dalam bentuk tanaman rumput yang siap dikonsumsi. Penjualan bisa dilakukan secara online atau dititip ke pet shop terdekat.

6. Jual Foto Kucing

Jika Anda suka fotografi atau mungkin sering mengabadikan momen kucing kesayangan, ide bisnis satu ini bisa dicoba. Koleksi foto kucing Anda bisa dijual di situs penjualan foto, seperti Shutterstock atau bahkan dalam bentuk NFT di Opensea. Keuntungan yang bisa Anda dapat mencapai puluhan ribu sampai puluhan juta rupiah.

7. Online Pet Shop

Saat ini banyak pet shop yang mempunyai toko fisik. Namun, tidak ada salahnya mencoba membuka online pet shop. Tak perlu modal besar untuk membangun atau menyewa tempat, cukup dengan online dan orang akan berdatangan. Jangan lupa perluas jaringan Anda dengan bergabung ke komunitas kucing yang ada di media sosial.

8. Penitipan Kucing

Jika Anda punya kamar atau ruangan kosong, saatnya dimanfaatkan untuk tempat penitipan kucing. Apalagi jika Anda tinggal di kota besar, ini adalah peluang emas untuk memperoleh keuntungan besar.

Pecinta kucing tak selalu ada di rumah. Bisa jadi mereka harus melakukan dinas luar kota atau pergi mudik ke kampung halaman. Kini, mereka tak perlu khawatir karena ada jasa penitipan kucing yang Anda buka.

Anda cukup mengeluarkan uang untuk dekorasi kamar khusus kucing dan membelikan kucing mainan agar tidak stres. Jangan lupa pastikan makan kucing cukup atau sesuai dengan permintaan sang pemilik dan menjaga kondisi kandang tetap bersih.

9. Salon Kucing

Terakhir, Anda bisa mencoba membuka salon kucing. Membuat kucing lebih lucu dan terawat adalah kebahagiaan tersendiri bagi sang pemilik. Untuk itu, tidak sedikit orang yang rela merogoh kantongnya untuk mempercantik kucing kesayangannya.

Bisnis salon kucing ini menjadi sangat potensial. Namun, Anda perlu tahan banting apabila dicakar kucing serta harus bisa membuat kucing tidak stress saat dimandikan. Modal yang dikeluarkan antara lain membeli perlengkapan lengkap untuk grooming, termasuk shampoo dan hair dryer.

Nah, itu dia 9 ide bisnis modal kecil yang bisa Anda si pecinta kucing coba. Tunggu apalagi, ini saatnya mendulang cuan dengan menjalani hal yang Anda senangi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews