APBD 2016 Kota Batam Tak Kunjung Ketok Palu, Ini Jawaban Wali Kota Batam

APBD 2016 Kota Batam Tak Kunjung Ketok Palu, Ini Jawaban Wali Kota Batam

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan (Foto: BATAMNEWS)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Batam 2016 sejauh ini belum diketok. Namun Wali Kota Batam Ahmad Dahlan yakin APBD segera diketok.

Hal ini disampaikan Dahlan dalam konferensi pers di Kantor Walikota Batam, Selasa (1/12).

“Sembilan tahun saya jadi kepala daerah, APBD diketok pada tahun sebelumnya. Saya yakin tahun ini juga begitu,” kata Dahlan.

Ia menjelaskan, ada mekanisme yang harus dilalui dalam penyusunan APBD. Yakni harus disepakati antara pihak eksekutif dalam hal ini Pemerintah Kota Batam, dengan legislatif atau DPRD Kota Batam.

Menurutnya, Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) yang belum disepakati bukan berarti pembahasan APBD menjadi mandek. Tetap ada pembahasan sesuai dengan mekanisme yang harus dijalani.

“Undang-undang yang mengatakan ini. Kalau kemudian belum terjadi kesepakatan, maka harus dilakukan mekanisme yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto mengatakan hingga saat ini belum ada titik temu antara Pemko dan DPRD terkait KUA PPAS. 

Menurutnya antara Pemko dengan DPRD tidak bisa saling memaksakan kehendaknya dalam penyusunan anggaran ini.

“Kan ada tugas penganggaran juga di dewan. Tapi dari Pemko sudah disiapkan semua, tanpa mengakomodir hasil reses kita. Kalau KUA PPAS hanya sepihak, kita tidak terima,” tuturnya.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews