Piala AFF U-19: Vietnam dan Thailand Gagal ke Final

Piala AFF U-19: Vietnam dan Thailand Gagal ke Final

Timnas Indonesia U-19 ketika ditahan imbang Vietnam (Foto: Antara)

Jakarta, Batamnews - Timnas Vietnam dan Thailand sempat disorot tajam karena aksi main aman kala bertemu di fase grup Piala AFF U-19 2022. Kini keduanya sama-sama terdepak di semifinal!

Vietnam dan Thailand menuai kecaman, khususnya dari suporter Indonesia, usai keduanya berimbang 1-1 di laga terakhir fase grup Piala AFF U-19 2022. Kedua tim ini dinilai bermain tak sportif dan ada kecurigaan bermain mata, untuk mengamankan kelolosan.

Sebab dengan hasil 1-1 itu, Vietnam dan Thailand sudah bisa lolos sementara Indonesia harus tersingkir. Kendati punya 11 poin, sama dengan Vietnam dan Thailand, Indonesia kalah head-to-head dalam klasemen mini antara ketiga tim itu setelah cuma berimbang 0-0 lawan mereka.

Kecurigaan adanya main mata muncul setelah Vietnam menyamakan kedudukan di 15 menit terakhir. Setelah itu para pemain cuma mengoper dan memainkan bola di belakang, tanpa menunjukkan tekad untuk menang.

Aksi kedua negara ini turut disorot Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu mempertanyakan apakah kedua tim memeragakan sebenar-benarnya fairplay.

Nah, setelah tudingan main aman itu, Vietnam dan Thailand selanjutnya sama-sama tersingkir di semifinal! Vietnam disikat Malaysia 0-3 dan Thailand dihajar Laos 0-2. Final Piala AFF U-19 2022 pun mempertemukan Malaysia dan Laos.

Hasil-hasil ini disambut positif oleh sejumlah suporter Indonesia di media sosial. Beberapa menyebut 'Karma Is Real' dan ada pula yang menyebut 'The Power of doa Netizen Indonesia'.

Vietnam dan Thailand selanjutnya akan kembali berhadapan dalam laga perebutan tempat ketiga di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (15/7/2022) mendatang.

(ruz)