Jumlah Pemilih di Karimun Jelang Pemilu 2024 Capai 168 Ribu Jiwa

Jumlah Pemilih di Karimun Jelang Pemilu 2024 Capai 168 Ribu Jiwa

Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko (Foto:Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, terus melakukan pendataan terhadap Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB). Update data terakhir pada Juni 2022, jumlah pemilih mencapai 168 ribu jiwa.

Dari jumlah itu, rinciannya adalah untuk pemilih laki-laki berjumlah 85.254 jiwa dan pemilih perempuan sebanyak 83.114 jiwa. Bahkan, menurut Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko, jumlah pemilih dapat berubah setiap bulannya.

"Update terakhir, bulan Juni kemarin yaitu sebanyak 168.386 jiwa. Namun, data ini bisa berubah-ubah seiring waktu," kata dia, Rabu (13/7/2022).

Salah satu faktor berubah jumlah pemilih tersebut, karena adanya pemilih yang pindah daerah. Lalu adanya tambahan pemilih baru, serta ada juga pemilih yang meninggal dunia.

"Karena setiap tempat atau wilayah ada pemilihnya yang meninggal dunia atau pemilih baru," ucap Eko.

Disebutkannya, pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 nanti, akan ada dua jenis Pemilihan. Diantaranya pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Lalu, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bagi Gubernur, Wakil Gubernur, Walikota dan Bupati yang akan dilaksanakan pada November 2024 mendatang.

"Ini tentunya menjadi tantangan besar dan persiapan yang matang bagi kami di KPU dan Bawaslu dalam menghadapi situasi itu nantinya," ujar Eko.

(aha)