Muhammadiyah Rayakan Idul Adha Sabtu 9 Juli 2022

Muhammadiyah Rayakan Idul Adha Sabtu 9 Juli 2022

Ilustrasi Salat Idul Adha (Foto: ist/net)

Jakarta, Batamnews - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti menyatakan bahwa warga Muhammadiyah akan menggelar Salat Idul Adha 1443 Hijriah pada 9 Juli 2022 mendatang di lapangan secara berjamaah.

Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 9 Juli 2022.

"Sesuai dengan hisab hakiki wujudul hilal, Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha 1443 H pada Hari Sabtu 9 Juli 2022. Warga Muhammadiyah akan melaksanakan Salat Idul Adha di lapangan," kata Abdul yang dikutip di akun Twitter pribadinya @Abe_Mukti, dilansir dari CNNIndonesia.com.

Abdul mengatakan, salat Idul Adha dapat dilaksanakan di masjid bila kondisi hujan atau cuaca tidak mendukung.

Karena itu, Muhammadiyah mengimbau kepada aparatur Pemerintah di semua tingkatan dan masyarakat untuk memberikan kebebasan dan jaminan pelaksanaan ibadah bagi umat Islam yang melaksanakan Shalat Idul Adha berbeda dengan Pemerintah.

Baca juga: Arab Saudi Rayakan Idul Adha 9 Juli 2022

Ia juga mengingatkan bahwa Salat Idul Adha tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Sebab, Indonesia saat ini masih berada di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Baginya, Salat Idul Adha merupakan bagian ibadah yang dilaksanakan sesuai dengan keyakinan dan dijamin oleh UUD 1945.

"Dan menghormati umat Islam yang masih melaksanakan Puasa Arafah dan melaksanakan Shalat Iduladha pada hari Ahad 10 Juli 2022," kata dia.

Di sisi lain, Abdul juga mengimbau kepada aparat pemerintah menjamin warga Muhammadiyah atau elemen masyarakat lain yang melaksanakan Salat Idul Adha terlebih dulu ketimbang yang telah ditetapkan pemerintah.

Berbeda dengan Muhammadiyah, pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 10 Juli.

"Muhammadiyah mengimbau kepada aparatur Pemerintah di semua tingkatan dan masyarakat untuk memberikan kebebasan dan jaminan pelaksanaan ibadah bagi umat Islam yang melaksanakan Shalat Idul Adha berbeda dengan Pemerintah," kata dia.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews