Arab Saudi Rayakan Idul Adha 9 Juli 2022

Arab Saudi Rayakan Idul Adha 9 Juli 2022

(Foto: ist)

Riyadh - Umat Islam di Arab Saudi akan merayakan Idul Adha pada 9 Juli, setelah bulan sabit dapat dilihat di Observatorium Tamir, menurut pernyataan dari Mahkamah Agung negara itu.

Menurut sebuah pernyataan dari Mahkamah Agung Arab Saudi, Hari Arafah, yang juga merupakan puncak dari ibadah haji, ditetapkan pada Jumat (8 Juli), kantor berita Saudi Gazette melaporkan.

Hari Arafah adalah waktu bagi jamaah untuk melakukan wukuf di Arafah, mulai dari terbenamnya matahari (siang hari) pada tanggal 9 Zulhijjah hingga terbit fajar pada tanggal 10 Zulhijjah.

Bagi umat Islam yang tidak melakukan haji, mereka disunahkan untuk menunaikan Puasa Arafah pada tanggal 9 Zulhijah.

Sementara itu, beberapa negara Muslim mengumumkan dimulainya perayaan Aidiladha pada 9 Juli atau 10 Juli, tergantung pada bulan sabit Zulhijjah kemarin malam.

Hari pertama Idul Adha di sebagian besar negara Arab dan Muslim akan dirayakan pada tanggal 9 Juli, sementara beberapa negara di Asia Tenggara mulai merayakannya sehari kemudian.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, total 2,5 juta umat Islam menunaikan ibadah haji pada 2019.

Namun, pemerintah Arab Saudi sebelumnya telah mengumumkan akan mengizinkan satu juta Muslim dari dalam dan luar negeri untuk menunaikan ibadah haji.

Indonesia, negara dengan jumlah umat Islam terbesar, Malaysia, dan Brunei masing-masing mengumumkan Idul Fitri pada 10 Juli, mengingat tidak melihat bulan sabit Zulhijjah, kemarin sore.

Mengutip laporan Saudi Gazette sebelumnya, Indonesia menjadi republik yang menerima kuota haji tertinggi tahun ini dengan 100.051 jamaah, diikuti oleh Pakistan (81.132); India (79.237) dan Bangladesh (57.585).

Negara Afrika, Angola berada di urutan terbawah daftar dengan jumlah peziarah terendah 23 orang. Di antara negara-negara Afrika, Nigeria mendapat bagian terbesar dari 43.008 peziarah.

Menurut sumber yang dikutip dalam laporan yang sama, kuota yang dialokasikan untuk Amerika Serikat adalah 9.504 jamaah sementara Rusia (11.318), China (9.190), Thailand (5.885) dan Ukraina (91). 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews