Kenapa Harga Mobil di Batam Lebih Murah, Ini Penjelasannya

Kenapa Harga Mobil di Batam Lebih Murah, Ini Penjelasannya

Salah satu dealer mobil mewah di Batam. (foto: iskandar)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pulau Batam merupakan surga belanja bagi warga Indonesia yang suka berburu barang murah. Seperti gadget, elektronik hingga mobil.

Mobil di Batam sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat, banyak yang rela berburu mobil baik bekas maupun baru di kota Batam.

Selain harganya murah, kualitasnya pun tak kalah jauh dari mobil yang dijual di kota besar lain di Indonesia. Jenis atau modelnya pun selalu up to date, apa sih yang membuat kota Batam memiliki harga mobil yang jauh lebih murah? Berikut penjelasannya.

Mobil-mobil yang di jual di kota Batam tidak dikenai PPN dan PPnBM oleh pemerintah, sehingga harganya jauh lebih murah dari kota lain.

PPN adalah pajak yang dikenakan atas setiap pertambahan nilai dari barang atau jasa dalam peredarannya dari produsen ke konsumen. Mobil murah Batam memiliki harga 20 sampai 30% lebih murah dari pada mobil yang dijual di kota lain.

Namun mobil-mobil yang dibeli di Batam tanpa PPN ini tidak boleh keluar dari kota Batam. Jika Anda ingin membawanya ke luar Batam Anda wajib membayar pajak terlebih dahulu.

Mobil murah Batam bukan hanya karena mobil tersebut bebas PPN dan PPnBM, namun juga karena asal dari mobil tersebut. Banyak showroom di Batam yang mendatangkan mobil mereka dari negara Singapura.

Mobil-mobil ini memiliki berbagai tipe dan model, harganya pun jauh lebih murah saat diimpor ke Indonesia. Selain memiliki harga murah, kualitas mobil-mobil bekas ini juga masih sangat bagus. Pemerintah Singapura memberlakukan aturan bahwa usia maksimal sebuah mobil adalah 3-5 tahun dan setelah itu wajib dipensiunkan.

Hasilnya banyak mobil bekas yang masih berkualitas tak terpakai dan akhirnya diselundupkan ke Batam. Kota Batam dipilih karena merupakan kota terdekat dari negara Singapura. Kini, banyak beredar mobil bekas murah di kota Batam yang bisa Anda temui di setiap showroom mobil.

Namun, mobil murah Batam hanya bisa dipakai di kota Batam. Anda wajib membayar pajak jika ingin membawa mobil ini ke luar dari Batam.

Sumber: toyota.astra.co.id

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews