PLN Batam Raih Peringkat Pertama PPJU Taat Pajak 2022

PLN Batam Raih Peringkat Pertama PPJU Taat Pajak 2022

Pihak PLN Batam saat mendapat penghargaan di acara Wajib Pajak Taat Pajak yang ditaja Pemko Batam.

Batam, Batamnews - Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Kepulauan Riau (Kepri), menghelat Malam Apresiasi Wajib Pajak Taat Pajak Batam. Kegiatan sekaligus memberikan penghargaan bagi wajib pajak taat pajak terbaik tahun 2022.

Acara berlangsung di Swiss Bell Hotel, Harbour Bay Batam, pada Jumat (24/6/2022) malam. Berdasarkan 11 kategori pajak yang dinilai dengan masing-masing kategori memiliki tiga pemenang terbaik.

PT PLN Batam sebagai perusahaan penyedia listrik utama di Bandar Dunia Madani termasuk wajib pajak untuk kategori Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) bersama lima perusahaan lain yang memiliki Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL).

Lima perusahaan tersebut diantaranya PT Batamindo Investment Cakrawala, PT Panasonic, PT Tunas Energi dan Ecogreen Oleochemicals. Dari kategori PPJU, PT PLN Batam berhasil meraih peringkat satu yang kemudian disusul oleh PT Batamindo Investment Cakrawala dan PT Panasonic.

Baca juga: Rencana Ekspor Listrik ke Singapura, Ini Kata PLN Batam

Dalam sambutannya, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada perusahaan wajib pajak taat pajak yang manfaatnya digunakan untuk membangun infrastruktur yang sangat baik bagi Kota Batam.

“Maka dari itu bapak dan ibu, pajak menjadi nomor satu. Baik pajak yang dibayarkan melalui Pemko Batam ataupun pajak pada BP Batam menjadi salah satu sumber utama untuk membangun Kota Batam yang kita cintai ini,” ujarnya.

Rudi optimis, dengan landainya pandemi Covid-19, perekonomian Batam akan bangkit jika semua elemen taat membayar pajak. Sehingga pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan akan cepat terlaksana.

Dia juga berharap, dengan pembangunan infrastruktur Kota Batam yang memadai dapat menarik minat wisatawan maupun investor lokal dan mancanegara untuk datang.

 

“Jika kita semua kompak bersama-sama membangun Kota Batam, hasilnya akan kita nikmati bersama. Yakinlah jika Kota Batam indah, bandaranya bagus, pelabuhan lautnya modern, jalannya indah dan masyarakatnya ramah, saya yakin orang akan datang sendiri berinvestasi di Kota Batam," sebutnya.

"Mereka semua yang akan bercerita membatu pemerintah untuk promosi, dunia yang berbicara, mari kita ke Kota Batam karena Batam sudah dibangun dengan standar dunia,” tambah Rudi

Sejalan dengan Wali Kota Rudi, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Batam, Raja Asmansyah mengungkapkan, penerimaan pajak Kota Batam tahun 2021 sudah mulai pulih dan membaik setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: BPJamsostek Company Visit ke PT PLN Batam

“Peningkatan penerimaan dimasa pandemi ini tidak lepas dari peran serta wajib pajak yang taat dalam melakukan pembayaran pajak. Mudah-mudahan apresiasi yang diberikan Pemko Batam pada malam hari ini menjadi pencerahan bagi kita untuk kemajuan pembangunan Kota Batam,” kata dia.

Sementara itu, Executive Vice President Commercial PT PLN Batam, Muchlis A Mile sebagai perwakilan manajemen PT PLN Batam juga mengungkapkan rasa terimakasihnya atas apresiasi yang diberikan oleh Pemko Batam.

"Penghargaan posisi pertama taat pajak kategori PPJU ini, menunjukkan bahwa PLN Batam adalah wajib pajak yang taat aturan dan sudah melakukan pembayaran pajak sesuai ketentuan," kata Muchlis.

Terakhir Muchlis menjelaskan, selama tahun 2021, realisasi PPJU dari PT PLN Batam berjumlah lebih dari Rp 200 miliar.

"Semoga PPJU dari PLN Batam dapat berkontribusi terhadap program pembangunan dan kemajuan infrastruktur Kota Batam," pungkasnya.

(jun)
Komentar Via Facebook :