Legislator Batam Minta PT Moya Benahi Distribusi Air Bersih ke Warga

Legislator Batam Minta PT Moya Benahi Distribusi Air Bersih ke Warga

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Pelayanan PT Moya sejauh ini dinilai belum memuaskan oleh sebagian pelanggan. Ada diantara mereka yang mengeluh akan pelayanan air bersih yang diberikan.

Tempo lalu, keluhan dirasakan oleh warga Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Pelayanan air bersih di sana tak teraliri dengan baik. Bahkan warga pun sampai-sampai protes ke Kantor PT Moya.

Kemudian, baru-baru ini, warga Tanjung Sengkuang, Batu Ampar juga mengeluhkan pelayanan dari PT Moya. Bukan soal retribusi air yang tak merata, namun permasalahannya ada pada penyambungan air bersih di lokasi tersebut.

Menyikapi kondisi itu, Sekretaris Komisi I DPRD Batam, Tumbur M Sihaloho turut menyesali hal ini bisa terjadi. Namun di sisi lain, ia memaklumi jika ada beberapa kendala dan hambatan PT Moya dalam mengaliri air ke masyarakat Batam.

Baca juga: Solusi Moya Atasi Komplain Warga Terkait Air Bersih di Kaveling Kamboja

"Kita coba memaklumi karena ini mungkin lagi masa transisi," ujar Tumbur, Senin (20/6/2022).

Dia juga mengingatkan PT Moya untuk segera berbenah. Memperbaiki segala persoalan yang berdampak buruk ke masyarakat. Sebagaimana mestinya, kebutuhan air merupakan salah satu hak dasar yang wajib didapati setiap masyarakat. Namun jika layanan buruk, tentu saja sangat mengecewakan.

Atensi tersebut, lanjut dia diharapkan bisa segera ditindak. Tumbur juga memberikan semacam tenggang waktu untuk memperbaiki pelayanan air bersih dari PT Moya.

"Kita beri mereka (PT Moya) waktu 6 bulan untuk menyelesaikan masalah ini. Tapi jika tidak ada titik terang, maka kinerja mereka patut dipertanyakan," kata Tumbur.

(jun)