Puluhan Bidan di Lingga 3 Hari Ditempa Ilmu Kebidanan Terbaru

Puluhan Bidan di Lingga 3 Hari Ditempa Ilmu Kebidanan Terbaru

Puluhan bidan di Lingga ikut pelatihan Midwifery Update yang digelar IBI Cabang Kabupaten Lingga (Foto: Ist)

Lingga, Batamnews - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Lingga, menggelar pelatihan Midwifery Update terhadap puluhan bidan yang ada di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri). Kegiatan digelar di Hotel One Dabo Singkep selama tiga hari, dimulai Jumat (17/6/2022).

Ketua Pengurus Cabang IBI Kabupaten Lingga, Susi Yenty mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk mengupdate ilmu-ilmu kebidanan yang terbaru, agar seluruh bidan tetap kompeten dan profesional sehingga dapat memberikan pelayanan berkualitas terhadap kesehatan ibu dan bayi ditempat tugas masing-masing.

"Pelatihan Standar Midwifery Update (MU) merupakan kewajiban dan syarat untuk perpanjangan STR. Di samping itu juga MU merupakan wadah untuk bidan melakukan update ilmu serta perkembangan ilmiah terutama di bidang kebidanan," kata dia kepada Batamnews, disela-sela kegiatan, Jumat (17/6/2022) kemarin.

Baca juga: Sui Hiok Minta Pemda Lingga Bangun Kantor Camat Permanen di Katang Bidare

Karena menurut Susi, pengawasan kesehatan ibu sebelum hamil sangat menentukan kualitas anak yang akan dilahirkan. Demikian juga pengawasan kehamilan dan persiapan kelahiran serta kesiapan menjadi orang tua merupakan bagian yang sangat penting menjadi perhatian seorang bidan.

"Di samping itu bidan sebagai mitra perempuan dan menjadi role model bagi keluarga. Oleh karena itu kesiapan bidan untuk memberikan pelayanan kebidanan berkualitas, menjadi kebutuhan yang mendasar. Selain itu dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat tersebut, bidan harus mematuhi peraturan perundangan yang berlaku," ujarnya.

Dengan demikian, Susi berharap pelatihan tersebut dapat diikuti dengan baik oleh semua peserta. Kemudian peserta juga harus focus dan seksama, sehingga apa yang didapatkan selama 3 hari ini dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan pelayanan kebidanan.

Sebagaimana diketahui, kegiatan yang diikuti sebanyak 70 orang bidan yang ada di Kabupaten Lingga ini dibuka langsung oleh Penasehat Pengurus Daerah IBI Provinsi Kepri, Hj Yulianti Harpomo.

(ruz)