Bintan Kejar Target Punya 1.000 Akseptor KB

Bintan Kejar Target Punya 1.000 Akseptor KB

Akseptor KB di Bintan. (Foto: ist)

Bintan, Batamnews - Pemkab Bintan, Kepulauan Riau mengejar target memiliki 1.000 Akseptor KB saat pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXIX pada 6 Juli mendatang. 

Agar rencana program dari BKKBN itu terealisasi, maka DP3KB Bintan dan Dinkes Bintan berkolaborasi. Kedua dinas itu akan mencari akseptor-akseptor di seluruh kecamatan.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Setda Bintan, Mardhiah, mengatakan BKKBN akan membuka program pelayanan KB sejuta akseptor pada perayaan Harganas ke-XXIX nanti. 

"BKKBN ini sebagai pelaksana kegiatan bersinergi dengan DP3KB serta Dinkes untuk mensukseskan sejuta akseptor," ujar Mardhiah.

Tujuan memperbanyak akseptor KB di Kabupaten Bintan yaitu dapat mengontrol laju angka kelahiran dan pertumbuhan masyarakat. 

Terdata akseptor KB hingga saat ini sebanyak 625 akseptor. Mereka semua tersebar di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan.

"Jadi masih mengalami kekurangan 375 lagi untuk mengejar target 1.000 akseptor," jelasnya.

Untuk mengejar kekurangan itu, pemerintah segera melakukan trobosan strategis dengan mengedukasi dan memberikan informasi penggunaan alat kontrasepsi yang telah tersedia di puskesmas dan fasilitas kesehatan yang ada. Diharapkan kesadaran masyarakat akan meningkat untuk menjadi akseptor.

"Kita sangat yakin jumlahnya bertambah karena belum ada akseptor baru yang dihitung pada pelaksana 1-15 Juni. Kemudian DP3KB melalui pelayanan KB, PKK, Dinkes dan yang termasuk dari 91 kelompok untuk mencari akseptor akan bekerja keras mengejar kekurangan itu," ucapnya.

(ary)
Komentar Via Facebook :