Pelayaran Internasional Rute Karimun-Singapura Dibuka, Penumpang Ramai

Pelayaran Internasional Rute Karimun-Singapura Dibuka, Penumpang Ramai

Antrean penumpang di pintu keberangkatan internasional Pelabuhan Karimun menuju Singapura. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Rute pelayaran internasional dari Karimun, Kepulauan Riau dengan tujuan Singapura sudah resmi dibuka. Pelayaran perdana dilayani operator PT Pelnas Sindo Jaya.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun, menyebutkan rute internasional resmi dibuka pada Kamis (16/6/2022) kemarin.

Tercatat adanya puluhan penumpang baik keberangkatan maupun kedatangan penumpang di hari pertama pembukaan jalur pelayaran internasional.

"Pelayaran perdana itu dilayani kapal Sindo Jaya yang berangkat dari Harbourfront Singapura pada pukul 11.40 WIB, dimana kami mencatat jumlah penumpang yang tiba di Karimun sebanyak 89 orang," kata Kasubbag Umum dan Humas KSOP kelas I Tanjungbalai Karimun, Edy Purnomo, Jumat (17/6/2022).

Setelah itu, kapal Sindo Jaya kembali berlayar dari Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun ke Harbourt Front Singapura. 

"Sementara, penumpang yang berangkat ke Singapura sebanyak 54 orang, kapal berangkat pada pukul 14.00 WIB," ujarnya.

Diketahui, rute pelayaran dari Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun dilayani oleh dua operator kapal yaitu Sindo Ferry Jaya dan Majestic Fast Ferry.

Untuk sementara ini, rute pelayaran Internasional Karimun - Singapura hanya melayani satu kali perjalanan. Keberangkatan dari Karimun pukul 14.00 WIB menggunakan Sindo Ferry Jaya 

"Hanya satu kali perjalanan saja dalam sehari," katanya.

Untuk harga tiket Karimun - Singapura dipatok seharga Rp 450 ribu rupiah untuk sekali jalan dan Rp 880 ribu pulang pergi (PP).

(aha)