4 Cara Mengatasi Rambut Rontok di Usia Tua

4 Cara Mengatasi Rambut Rontok di Usia Tua

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Bukan cuma kulit yang jadi keriput, rambut juga akan mengalami banyak perubahan seiring pertambahan usia. Bagian kepala akan terlihat botak karena kepadatan rambut yang semakin menipis.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara mencegah kebotakan yang bisa dilakukan. Cara ini bisa diikuti saat usia Anda semakin tua.

Seiring bertambahnya usia, kadar hormon juga mulai berubah sehingga menyebabkan rambut menipis karena rontok. Selain itu, faktor keturunan juga dapat berkontribusi pada penipisan rambut.

Folikel rambut Anda akan menjadi lebih kecil dan menghasilkan helai rambut yang hampir tidak bisa dilihat. Proses penuaan alami juga akan menyebabkan rambut menjadi rapuh dan kering.

Cara Mencegah Kebotakan

Untuk mengurangi masalah rambut yang menipis seiring bertambahnya usia, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar di usia tua rambut tetap terlihat lebat alami.

1. Temui dokter kulit

Cara mencegah kebotakan yang pertama adalah dengan menemui ahli atau dokter kulit. Kerontokan rambut yang berbeda memerlukan perawatan yang berbeda. Tentu hal ini hanya bisa diketahui oleh ahli.

Penipisan rambut yang disebabkan oleh gangguan tiroid, misalnya, dapat diatasi dengan memulai pengobatan tiroid.

Dilansir dari Livestrong, jika kerontokan rambut terkait dengan kemoterapi, menggunakan tutup pendingin khusus selama perawatan dapat membantu meminimalisasi masalah kerontokan.

2. Ganti jenis perawatan

Cobalah untuk mencuci rambut beberapa kali seminggu daripada setiap hari. Hindari menyikat rambut secara berlebihan dan cobalah untuk meminimalisasi penggunaan peralatan seperti pengeriting atau pengering rambut.

3. Periksa pola makan

Pastikan Anda mendapatkan cukup kalori dan mengonsumsi berbagai makanan yang sehat dan padat nutrisi. Fokus pada protein dan mineral seperti biotin, seng, dan magnesium.

4. Gunakan obat penumbuh rambut

Cara terakhir untuk mencegah kebotakan adalah dengan menggunakan obat-obatan penumbuh rambut. Obat-obatan oral dapat membantu memperlambat kerontokan rambut. Tapi, perawatan dengan obat-obatan ini harus sesuai resep dokter.

(ruz)