3 Hal yang Akan Terjadi Jika Tak Lagi Kecanduan Media Sosial

3 Hal yang Akan Terjadi Jika Tak Lagi Kecanduan Media Sosial

Ilustrasi. (foto:ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Sebelum era media sosial mewabah, banyak hal yang berbeda dari kebiasaan kita sehari-hari. Kini, media sosial seakan jadi bagian tak terpisahkan.

Apa yang sebenarnya akan terjadi jika kita mengurangi atau bahkan berhenti menggunakan media sosial? Kecuali Anda memang menggunakan media sosial untuk mencari nafkah, sebenarnya tidak banyak hal buruk yang akan terjadi.

1. Anda akan lebih menikmati hal-hal sederhana dalam hidup

Di kenyataan virtual yang ada di media sosial, akan sangat mudah untuk membandingkan hidup Anda dengan hidup orang lain. Tanpa Anda sadari, itu membuat Anda ingin memiliki hidup orang lain yang menurut Anda lebih menyenangkan. Hidup Anda yang sebenarnya indah jadi terasa kurang indah. Sudah menjadi hal umum bahwa salah satu alasan seseorang mengunggah sesuatu ke akun media sosialnya adalah untuk membuat orang lain menjadi iri.

Hal ini berlangsung terus-menerus, hingga Anda lupa menikmati hal-hal sederhana yang sebenarnya indah. Pernah menikmati makanan lezat dan suasana sekeliling tanpa mengunggahnya ke media sosial? Pernah mengobrol ngalor-ngidul dengan sahabat Anda tanpa memegang gadget? Pernah bangun pagi dan berolahraga tanpa mengecek status update teman-teman Anda yang sebenarnya banyak yang tidak terlalu penting itu? Nikmat, bukan? Hal-hal ini yang akan bisa lebih sering Anda nikmati.

2. Anda akan menjadi lebih produktif

Anda akan menyadari bahwa banyak hal-hal lebih berguna yang dapat Anda lakukan dibanding melihat berbagai postingan via akun media sosial Anda. Ada banyak mimpi indah saat Anda mengarungi berbagai media sosial, namun di dunia nyata, Anda benar-benar bisa menginvestasikan waktu untuk mewujudkan mimpi Anda. Coba ingat lagi, pernahkah Anda berniat 5 menit saja online di media sosial, lalu 5 menit berganti menjadi 30 menit? Dan seterusnya.

Godaan yang harus Anda lawan memang berat. Untuk itu,coba lakukan hal-hal produktif yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Belajar memainkan alat musik baru, belajar bahasa,dan lain-lain. Anda akan takjub dengan waktu yang sebenarnya Anda miliki namun selama ini habis oleh media sosial.

3. Anda akan merasakan interaksi yang lebih baik dengan keluarga dan teman-teman

Pernah nongkrong bersama para sahabat Anda lalu lebih banyak sibuk dengan gadget masing-masing? Coba sekali-sekali sepakati untuk menghabiskan waktu bersama sahabat Anda tanpa memegang gadget. Kualitas kebersamaan akan jauh meningkat.

Berapa kali Anda kumpul-kumpul dengan keluarga lalu hanya mengecek status updates dari teman-teman di media sosial tanpa benar-benar ikut serta dalam obrolan keluarga Anda? Percayalah, tak banyak yang lebih indah dari kebersamaan sederhana dengan keluarga. Nikmatilah tiap detiknya.

Unggahan sekeren apapun di media sosial tidak akan bisa lebih keren dari Anda yang benar-benar menikmati kebersamaan dengan keluarga tercinta.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews