Larang Warganya ke RI, Arab Saudi Tak Jelaskan Alasannya

Larang Warganya ke RI, Arab Saudi Tak Jelaskan Alasannya

Menlu RI, Retno Marsudi (Foto: AP/Shuran Huang)

Jakarta - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi angkat suara perihal larangan Arab Saudi kepada warganya untuk berkunjung ke Indonesia. 

Seperti diketahui, tidak hanya Indonesia, larangan itu juga berlaku kepada 15 warga negara lainnya terkait dengan situasi Covid-19 di masing-masing negara.

Dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI, Selasa (31/5/2022), Retno mengatakan, setelah menerima informasi itu, Kemlu RI sudah melakukan komunikasi dengan berbagai pihak. Baik perwakilan Indonesia di Saudi maupun duta besar Saudi di Jakarta.

"Dan saya berkomunikasi langsung dengan menlu Saudi (Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud)," ujarnya.

Sejauh ini, menurut Retno, Kemlu RI belum menerima respons yang menjelaskan mengapa Indonesia masuk ke dalam satu di antara 16 negara itu.

"Karena kalau alasannya adalah alasan situasi Covid-19, semua data sudah kami sampaikan ke pihak Saudi. Dan saya kira Indonesia termasuk yang cukup baik di dalam penanganan Covid-19 sampai saat ini," kata Retno.

Lebih lanjut, dia mengatakan, ada rencana Pangeran Faisal berkunjung ke tanah air bulan depan. "Dan ini akan merupakan kesempatan bagi kami untuk membahas isu tersebut," ujar Retno.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews