36 Pejabat Bersaing Rebut 12 Kursi Pimpinan OPD Pemkab Bintan

36 Pejabat Bersaing Rebut 12 Kursi Pimpinan OPD Pemkab Bintan

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Open Bidding JPTP Bintan, Adi Prihantara (Foto: Ist)

Bintan, Batamnews - Sebanyak 36 pejabat, mengikuti lelang jabatan (open bidding) untuk merebut 12 kursi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Open Bidding JPTP Bintan, Adi Prihantara mengatakan, ada 36 pejabat yang mengikuti open bidding tersebut. Dari total itu, 34 pejabat dari Pemkab Bintan dan 2 pejabat lagi dari Pemko Tanjungpinang.

"Pejabat dari Kota Tanjungpinang itu saya lupa namanya. Dia itu bapak-bapak dan ibu-ibu," ujar Adi saat menghadiri acara di Aula Kantor Bupati Bintan, kemarin.

Dalam open bidding ini, ada beberapa pejabat yang masih dalam proses pemeriksaan terkait kasus pengadaan Lahan TPA Tanjunguban, ikut berjuang. Adi mengaku mereka tetap diberikan izin untuk mengikutinya.

Baca juga: `Dudu` si Ikan Dugong Jadi Maskot Porprov Kepri Ke-V di Bintan

Sebab, menurut mantan Sekda Bintan ini, mereka memiliki kesempatan yang sama dengan lainnya apalagi statusnya belum ada kekuatan hukum yang tetap atau inkrah.

"Kita juga harus memahami tentang praduga tidak bersalah. Mereka diperiksa itu konteksnya kan saksi dan masih diklarifikasi. Jadi mereka juga mendapatkan kesempatan yang sama," kata pria yang kini menjabat sebagai Sekda Provinsi Kepri ini.

Puluhan pejabat yang ikut telah menjalani dan melalui 2 tahapan tes di open bidding ini. Yaitu yang pertama adalah assesmen dan kedua penulisan makalah serta uji wawancara.

"Kedua tes tersebut telah berakhir, Sabtu (21/5/2022). Jadi tinggal pengumumannya saja. Segera mungkin kita umumkan," ucapnya.

Baca juga: Lelang Jabatan Kepala OPD di Bintan Resmi Dibuka hingga 25 April

Adapun 12 JPTP yang dilelang tersebut yakni, Sekwan Bintan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan.

Lalu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan, dan Kepala Dinas Sosial.

Kemudian Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Dinas Tenaga Kerja, serta Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bintan.

(ary)