PDIP Bintan Gelar Senam Indonesia Cinta Tanah Air Serentak

PDIP Bintan Gelar Senam Indonesia Cinta Tanah Air Serentak

Kader dan simpatisan PDIP Bintan melaksanakan senam Sicita (Foto: Ist)

Bintan, Batamnews - Sebanyak 200 kader dan simpatisan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bintan, meramaikan Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) secara serentak nasional dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional.

Senam Sicita yang dilaksanakan secara hybrid (kombinasi online dan langsung) ini dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia. Sebanyak 514 DPC, 34 DPD dan DPP PDIP mengikuti agenda ini dan masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai senam dengan peserta terbanyak seluruh Indonesia untuk SICITA,

Sicita yang dipusatkan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat dipimpin Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bersama sejumlah fungsionaris partai yakni Ketua DPP Eriko Sotarduga, Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPP  Wirjanti Sukamdani, Wakil Sekjen Sadarestuwati dan Wakil Bendahara Umum Rudianto Tjen.

Pemecahan rekor MURI ditandai dengan kegiatan senam Sicita secara serentak di seluruh kabupaten, kota dan provinsi pada pukul 07.00 WIB, 08.00 WITA dan 09.00 WIT dan disiarkan melalui aplikasi Zoom dan YouTube serta aplikasi media sosial lainnya.

Baca juga: 362 Peserta Terima Beasiswa Cakap Gelombang I Asparnas Kepri

Sicita adalah sebuah gerak senam dan musik yang diciptakan oleh Panitia HUT ke-49 PDI Perjuangan berkolaborasi dengan Universitas Negeri Jakarta awal Januari 2022 dan telah dicanangkan sebagai senam wajib oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Senam yang musiknya terdiri dari lagu-lagu daerah dan lagu kebangsaan ini juga telah divalidasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI sebagai sebuah senam dan telah mendapatkan hak cipta dari Kemenkumham RI.

Ketua DPC PDIP Bintan, Indra Setiawan mengatakan, senam Sicita merupakan arahan langsung dari DPP PDIP dan akan menjadi senam rutin bagi jajaran dan juga untuk masyarakat Bintan.

“Tujuan senam ini untuk membangkitkan jiwa-jiwa sehat dan juga silaturahmi secara langsung. Sebagaimana kita ketahui pandemi membuat interaksi manusia menurun, sehingga dengan momentum melandainya pandemi harus diiringi dengan pola hidup sehat, salah satunya senam ini,” katanya.

Baca juga: Pengusaha Hewan Kurban Keluhkan Ternak Tak Bisa Masuk Batam

Ia menambahkan, dengan senam akan membangun karakter sehat dalam tubuh dan meningkatkan imun, sehingga penyakit dari dalam dan luar tubuh dapat dicegah.

“Kami berharap pandemi berakhir dan harus kita dukung bersama pola-pola hidup sehat. Sehingga ekonomi, kesehatan dan silaturahmi kita akan kembali normal dan semua sektor kehidupan pulih dan bangkit,” katanya.

Ia menjelaskan lagi, senam SICITA ini akan terus dilaksanakan secara rutin hingga ke pengurus PAC dan juga pengurus ditingkat RT dan RW.

“Harapan kami seluruh warga dapat memanfaatkan senam ini untuk menciptakan kesehatan dan kehidupan berolahraga di lingkungannya,” ucapnya.

(ary)