Kasus Cacar Monyet 'Ngegas' di Eropa, Waspadai Gejala dan Cara Penularannya

Kasus Cacar Monyet

Ilustrasi cacar monyet (Foto: Getty Images/CDC)

Jakarta - Belum kelar dengan urusan COVID-19, Inggris, Portugal, dan Spanyol kini melaporkan adanya peningkatan kasus infeksi virus cacar monyet. Hal ini menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lantaran biasanya cacar monyet mewabah di Afrika.

Portugal dan Spanyol sebelumnya diketahui tidak pernah memiliki kasus dari infeksi virus tersebut. Sedangkan di Inggris hanya pernah mencatat delapan kasus cacar monyet.

"Sepanjang sejarah hanya sedikit kasus penyakit cacar monyet dari luar negeri. Cuma pernah ada 8 kasus sebelum tahun ini," kata ahli kesehatan publik Profesor Jimmy Whitworth dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, seperti dikutip dari Reuters, Jumat(19/5/2022).

Hingga 18 Mei 2022, Inggris telah melaporkan 9 kasus cacar monyet, Portugal 5 kasus, dan Spanyol 23 kasus potensial.

Sebagai informasi, cacar monyet atau disebut monkeypox adalah virus yang ditemukan pada monyet pada tahun 1958. Virus ini kemudian berpindah dari hewan dan menyerang manusia, bahkan memiliki tingkat mortalitas 1-10 persen.

Gejala Cacar Monyet

Adapun gejala cacar monyet pada manusia mirip dengan gejala cacar biasa. Masa inkubasi atau waktu infeksi hingga gejala cacar monyet kurang lebih sekitar 7-14 hari atau 5-21 hari. Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Senin (9/5/2022), berikut gejalanya.

Demam

Sakit kepala

Nyeri otot

Kelelahan

Cara Penularan Cacar Monyet

Penularan cacar monyet terjadi apabila seseorang bersentuhan dengan hewan dan manusia yang terinfeksi, hingga benda yang terkontaminasi langsung oleh virus.

Biasanya virus akan masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang rusak, saluran pernapasan, dan selaput lendir (mata, hidung, mulut).

Selain itu, penularan dari hewan ke manusia dapat terjadi melalui gigitan, cakaran, hingga terkena cairan tubuh. Begitu juga dengan penularan antarmanusia yang diperkirakan melalui tetesan pernapasan (sekresi pernapasan) hingga kontak langsung dengan cairan tubuh.

(fox)