Legislator Sebut Status Pandemi Covid di Kepri Layak Jadi Endemi

Legislator Sebut Status Pandemi Covid di Kepri Layak Jadi Endemi

Anggota DPRD Kepri, Hanafi Ekra (Foto:ist)

Bintan, Batamnews - Anggota DPRD Kepulauan Riau (Kepri), Hanafi Ekra berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, dapat mengusulkan ke pemerintah pusat untuk menimbang kembali status pandemi agar berubah menjadi endemi.

Hal ini disampaikannya di sela-sela hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, bersama keluarga besarnya, Rabu (4/5/2022).

Menurut Ketua Fraksi PKS DPRD Kepri ini, status pandemi harus segera berakhir dan menjadi endemi agar perekonomian di Kepri segera pulih dan tidak terjadi lagi  kebijakan-kebijakan yang berbenturan dengan kepentingan khalayak ramai.

"Tingkat vaksinasi di Kepri ini sangat tinggi, kasus Covid juga terus turun, bahkan seperti diberitakan media, Batam yang jumlah penduduknya banyak juga nol kasus. Ini merupakan sinyal bahwa kita sudah sangat siap khususnya Kepri untuk status endemi," kata Hanafi.

Baca juga: 137 PMI Dipulangkan ke Kampung Halaman Lewat Pelabuhan Kijang

Endemi adalah penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat. Endemi merupakan keadaan atau kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu.

Contoh penyakit endemi di Indonesia adalah malaria dan demam berdarah dengue (DBD).

"Jika tidak, kita di daerah akan terus ribut dengan persoalan harus wajib vaksin jika mau menyeberang antarpulau, antigen dan PCR lah, persoalan hulunya adalah masalah status pandemi yang belum diakhiri," ujarnya.

"Tidak ada salahnya Pemprov Kepri mengajak Pemda lainnya untuk mengusulkan hal serupa, tentu dengan melampirkan bukti-bukti sinyalemen untuk ke status endemi tersebut, kita sudah ada riset tentang ketahanan imunitas pasca vaksin, jadi tak ada salahnya kalau Kepri menginisiasi pengusulan status endemi tersebut," pungkas Hanafi Ekra.

(ruz)