Artis Senior Mieke Wijaya Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Artis Senior Mieke Wijaya Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Almarhumah Mieke Wijaya. (Foto: Instagram/@meikewijaya.z)

Jakarta - Kabar duka datang dari keluarga pasangan Nia Zulkarnaen dan Ari Sihasale. Ibunda Nia, Mieke Wijaya, meninggal dunia pada Selasa (3/5). Artis senior ini mengembuskan napas terakhirnya di usia 82 tahun. 

Kabar duka ini diketahui dari pesan singkat yang diterima awak media pada Selasa malam. 

""Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Telah meninggal dunia mama dan nenek kami tercinta, Hj. Mieke Wijaya, pada 3 Mei 2022, pukul 19.30 WIB dalam usia 82 tahun. Mohon diampuni segala kesalahan-kesalahannya dan semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT," isi pesan singkat tersebut. 

Dalam unggahan di akun Instagram @alenia259, Nia Zulkarnaen menyampaikan bahwa jenazah Mieke Wijaya akan dimakamkan hari ini, Rabu (4/5), di TPU Tanah Kusir.

“Rencana Pemakaman Rabu, 4 Mei 2022 di TPU Tanah Kusir ba'da zuhur,” tulis Nia, dilansir kumparan, Rabu (4/5/2022).

Nia berharap agar dibukakan pintu maaf untuk ibunya atas kesalahan yang diperbuatnya semasa hidup.

“Sekarang mama sudah enggak sakit lagi, ya, sayangku, cintaku, Allah sayang mama. Semoga almarhumah mama tercinta husnulkhatimah,” tulis Nia.

Sebelum dimakamkan siang ini, jenazah Mieke Wijaya disemayamkan di rumah duka di kawasan Ampera, Jakarta Selatan.

Mieke Wijaya merupakan artis senior yang melejit berkat perannya dalam film musikal besutan Usmar Ismail yang berjudul Tiga Dara (1956). Mieke juga pernah menyabet Piala Citra Festival Film Indonesia untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik di film Gadis Kerudung Putih tahun 1967. 

Setelah itu, di tahun 1975 ia menyabet Piala Citra untuk kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di film Ranjang Pengantin, dan tahun 1981 memenangkan Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam film Kembang Semusim. 

Mieke menikah dengan Dicky Zulkarnaen yang juga merupakan seorang aktor Indonesia pada tahun 1965. Dari pernikahannya, mereka dikarunia 4 orang anak, yaitu Nia Zulkarnaen, Tirza Valentina Zulkarnaen, Barman Morgana Zulkarnaen, Ade Miskarana Zulkarnaen.