Dorce Gamalama akan Dimakamkan sebagai Laki-laki

Dorce Gamalama akan Dimakamkan sebagai Laki-laki

Dorce Gamalama. (Foto: ist via Kapanlagi.com)

Jakarta - Jenazah Dorce Gamalama akan dimakamkan di TPU Bantar Jati, Jakarta Timur, Rabu (16/2/2022). Ia akan dimakamkan sebagai laki-laki.

Pengurus Masjid Al Hayyu di kawasan Lubang Buaya, Ustaz Anna Muhajir, mengatakan bahwa jenazah Dorce akan ditumpuk satu liang lahat dengan sepupunya. 

"Dia sama sepupunya itu dekat banget. Makanya, nanti, setelah diserahkan dari rumah sakit, kita akan kasih penghormatan, dibawa ke masjid dan akan kita salatkan. Masjid Al Hayyu ini adalah masjid peninggalan beliau yang sangat bermanfaat buat warga di sini," ungkap Ustaz Anna dilansir kumparan. 

Terkait keinginan Dorce Gamalama untuk dimakamkan sebagai perempuan diluruskan oleh Ustaz Anna. Menurutnya, Dorce akan tetap dimakamkan sebagai lelaki, mengingat bahwa almarhum dilahirkan sebagai laki-laki dengan nama asli Dedi Yuliardi Ashadi. 

"Dimakamkan secara perempuan itu kita serahkan semua kepada Allah. Kan, itu cuma keinginan beliau, tapi yang mengurus kita semua. Kita semua tahu beliau dilahirkan seperti apa, ya, kita kembalikan lagi ke asal. Yang penting, kita lihat keimanan dia ke Allah SWT," bebernya. 

Sebelumnya, keinginan Dorce untuk dimakamkan sebagai perempuan memang menimbulkan pro kontra. Sejumlah ulama bahkan angkat bicara, salah satunya Ketua MUI KH Muhammad Cholil Nafis.

Cholil Nafis mengatakan keinginan Dorce tak bisa dilakukan karena pergantian kelamin dalam Islam tidak diakui. Sehingga, apabila seorang transgender meninggal dunia, akan tetap dimakamkan sebagaimana jenis kelamin awalnya.

Dorce Gamalama telah merespons pernyataan ketua MUI dan mengatakan biar keluarga yang mengurus masalah pemakamannya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews