Satpolairud Perketat `Jalur Tikus` Cegah Keluar Masuk PMI Ilegal Jelang Lebaran

Satpolairud Perketat `Jalur Tikus` Cegah Keluar Masuk PMI Ilegal Jelang Lebaran

Satpolairud Polres Karimun melakukan patroli perbatasan Karimun-Malaysia (Foto: Ist)

Karimun, Batamnews - Kepolisian Resor (Polres) Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), melalui Satuan Polisi Air Udara (Satpolairud) menggelar patroli di laut perbatasan menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Patroli laut tersebut guna mengantisipasi masuknya Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia melalui jalur gelap, saat arus mudik hari raya Idul Fitri. Petugas menyisiri wilayah yang dianggap rawan untuk jalur masuknya PMI.

"Giat patroli yang kita lakukan, mengantisipasi masuknya PMI dengan jalur gelap saat hendak mudik lebaran," kata Kasat Polairud Polres Karimun, AKP Binsar Samosir.

Baca juga: Puncak Arus Mudik Lebaran di Karimun, Ribuan Penumpang Berjubel di Pelabuhan

Pantauan laut perbatasan akan terus dilakukan menjelang lebaran Idul Fitri nantinya. Tidak hanya antisipasi PMI, Polairud juga menjaga keamanan wilayah laut perbatasan antara Malaysia dan Singapura.

"Keaman wilayah perbatasan juga menjadi atensi kita agar tetap aman. Tidak ada barang-barang ilegal dan terlarang yang diselundupkan," ucap Binsar.

Kemudian, para nelayan yang kerap melakukan aktivitas di laut tidak jauh dari perbatasan juga diimbau untuk tidak terlibat masalah hukum.

Kemudian, saat melaut juga diharapkan agar tetap waspada dengan mengutamakan keselamatan.

(aha)