Hindari Minuman Ini saat Berbuka Puasa, Ada yang Bikin Tambah Haus!

Hindari Minuman Ini saat Berbuka Puasa, Ada yang Bikin Tambah Haus!

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Selama berpuasa di bulan Ramadan ini, selain perut akan kosong seharian, tubuh juga akan kehilangan kadar cairan yang banyak.

Bahkan, kekurangan cairan tubuh akan dapat menyebabkan dehidrasi yang akan membawa efek samping seperti pusing, konstipasi, hingga kulit kering.

Maka dari itu, sangat penting untuk seseorang berbuka puasa dengan minuman yang tepat untuk kembali menghidrasi tubuh. Dikutip dari Emirates, berikut jenis-jenis minuman yang harus dihindari saat berbuka.

Baca juga: Hindari Makan Gorengan saat Sahur dan Berbuka Puasa, Ini Bahayanya!

1. Kopi dan Teh

Teh sering menjadi kesukaan banyak orang untuk diminum saat membatalkan puasa. Tidak hanya itu, kopi juga dapat menjadi salah satu pilihan.

Namun, meminum terlalu banyak teh dan kopi saat berbuka dapat membawa beberapa dampak negatif bagi tubuh. Hal ini karena kadar kafein dalam kedua minuman tersebut dapat malahan mengurangi cairan tubuh dan meningkatkan rasa haus!

Selain itu, kopi dan teh merupakan minuman yang dapat dibuat menjadi manis dengan gula tambahan. Dengan adanya gula tersebut, rasa lapar akan lebih cepat kembali lagi karena dicerna dengan terlalu cepat.

Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk meminum kopi di waktu yang tepat.

Baca juga: Tips Sahur dan Berbuka Agar Tak Mudah Haus saat Puasa Ramadan

2. Minuman Bersoda

Minuman bersoda sering juga menjadi beberapa minuman yang disuguhkan saat berbuka. Namun, minuman ini lebih baik dihindari. Hal itu karena minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan dapat menurunkan kualitas sistem pencernaan.

Selain itu, terlalu banyak minum minuman bersoda juga dapat menunda proses pencernaan.

Lalu, apakah minuman yang terbaik?

Jawabannya adalah air putih, buah-buahan, jus tanpa gula tambahan, dan sayuran kaya kandungan air. Air kelapa juga dapat menjadi pengganti air putih saat berbuka karena kandungan elektrolit yang baik.

Selain dapat membantu menghidrasi tubuh, minuman dan makanan tersebut lebih sehat dibandingkan dengan minuman kaya kafein dan minuman bersoda.

Namun, perlu diingat juga untuk tidak meminum air putih terlalu banyak saat memulai berbuka agar tidak menimbulkan rasa kembung dan gangguan pencernaan.

(ruz)