4 Penyebab Sperma Encer yang Sering Diabaikan

4 Penyebab Sperma Encer yang Sering Diabaikan

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Normalnya, sperma yang dihasilkan oleh seorang pria saat ejakulasi berwarna putih sedikit keruh dan kental. Namun, karena beberapa sebab, sperma yang dihasilkan seorang pria menjadi encer. 

Dikutip dari Healthline, sedikitnya ada 4 kemungkinan penyebab sperma lebih encer yang sering kali diabaikan.

1. Jumlah sperma sedikit

Normalnya terdapat 15 juta sel sperma tiap mililiter sperma. Kurang dari angka tersebut biasanya disebut oligosperma, atau jumlah sperma rendah. Penyebabnya beragam, antara lain:

• Varikokel
• Tumor
• Ketidakseimbangan hormon

Bisa juga disebabkan oleh:

• Masalah ejakulasi
• Reaksi sistem imun yang membentuk antibodi anti-sperma
• Cedera pada saluran sperma

Baca juga: 5 Asupan Ini Bisa Ubah Sperma Encer Jadi Tokcer

2. Sering ejakulasi

Frekuensi ejakulasi, baik saat berhubungan seks maupun masturbasi, juga mempengaruhi konsistensi sperma. Setelah orgasme, tubuh memerlukan waktu untuk mengembalikan produksi sperma ke kondisi normal dan sehat.

3. Kekurangan zinc

Kemungkinan lain adalah kekurangan zinc atau seng. Riset menyebut pria yang kekurangan zinc dan mengonsumsi zinc sulfat dapan menetralkan efek antibodi anti-sperma. Antibodi tersebut membuat sperma dianggap tubuh sebagai zat asing.

4. Kemungkinan bukan sperma

Jika konsistensi sperma terlalu encer, maka ada baiknya diamati juga warnanya. Jika terlalu bening, maka kemungkinan memang bukan cairan sperma. Bisa jadi adalah precum, yakni cairan yang keluar saat Mr P terangsang dan terkadang mengandung sedikit sel sperma.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews