Tips Jaga Kesehatan Mulut Saat Puasa, Sikat Gigi Bikin Batal?

Tips Jaga Kesehatan Mulut Saat Puasa, Sikat Gigi Bikin Batal?

ilustrasi. (iStock)

Batam - Saat berpuasa, seseorang tidak akan makan dan minum selama sehari penuh. Kondisi ini kadang-kadang membuat mulut terasa tak enak atau muncul bau tak sedap. 

Sikat gigi pun kerap menjadi salah satu cara untuk membuat mulut terasa kembali bersih dan napas jadi terasa segar kembali.

Ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar ibadah berjalan lancar, menjaga kesehatan mulut merupakan strategi yang penting untuk menjaga kesehatan mulut. 

Berikut tips menjaga kesehatan gigi dan mulut selama bulan puasa Ramadan, dikutip dari berbagai sumber.

Satu atau dua minggu sebelum bulan puasa tiba, sebaiknya periksakan gigi ke dokter gigi.

Selain mendapatkan pengecekan dan pembersihan gigi secara keseluruhan, ini juga waktu yang tepat untuk mendapatkan tindakan-tindakan medis jika diperlukan.

Segera tambal gigi yang berlubang atau ekstraksi jika gigi berlubang sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan.

Manfaatkan juga sesi ini untuk bertanya tentang perawatan yang tepat bagi kondisi gigi dan mulut, seperti jenis sikat gigi yang tepat, penggunaan pasta gigi, benang gigi ataupun mouthwash.

Tips Tak Bau Mulut Saat Puasa

Adapun cara mencegah bau mulut saat puasa salah satunya bisa memperbanyak minum air putih selama buka puasa dan sahur. Selain itu menggunakan obat kumur saat sahur juga bisa membantu mencegah munculnya bau tak sedap saat puasa.

1. Sikat Gigi dan Lidah

Kamu bisa menyikat gigi dan lidah selama 2 menit dan memastikan mulut sudah bersih usai makan sahur, setelah bangun tidur, dan sebelum tidur untuk mencegah munculnya bau mulut.

2. Jangan Merokok

Merokok dapat menimbulkan bau tidak sedap. Hindari merokok saat sahur karena bisa menyebabkan mulut menjadi kering sehingga selama berpuasa risiko bau mulut semakin tinggi.

3. Hindari Makanan Tinggi Gula

Mengonsumsi makanan tinggi gula juga bisa membuat seseorang bau mulut saat puasa, dikarenakan ada risiko peningkatan pertumbuhan bakteri di mulut yang bisa memicu napas menjadi tidak segar.

 

Dikutip dari CNBC, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis menjelaskan hukum sikat gigi saat puasa. Berikut poin-poin utama yang dikatakannya berkaitan dengan hukum sikat gigi saat puasa.

Menyikat gigi di siang hari sebelum zuhur saat Ramadhan tidak membatalkan puasa. Maka, sikat gigi setelah adzan subuh boleh dilaksanakan dan tidak mempengaruhi niat puasa.

Menyikat gigi di siang hari setelah zuhur, hukumnya menjadi makruh, sehingga lebih baik dihindari sikat gigi selepas adzan zuhur.

Dikisahkan, Nabi Muhammad pun suka membersihkan giginya dengan kayu siwak yang disebut juga sebagai miswak. 

Kayu ini berupa sebuah akar atau dahan yang berasal dari pohon arak (Salvadora Persica). Oleh karena itu penggunaan siwak dan jika ditarik ke jaman modern, menyikat gigi dengan pasta gigi sangat diajurkan karena merupakan sebagian dari iman, menjaga diri.

Dijelaskan dalam Hadist riwayat Nasa'i, Aisyah radliallahu 'anha berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Bersiwak bisa membersihkan mulut dan mendatangkan ridha Allah." (HR. Nasa'i dan dishahihkan al-Albani).

(fox)
Komentar Via Facebook :