4 Tips Olahraga Saat Puasa Menurut Personal Trainer

4 Tips Olahraga Saat Puasa Menurut Personal Trainer

Ilustrasi olahraga saat puasa (Foto: Getty Images/iStockphoto/jacoblund)

Batam - Saat menjalani puasa, tubuh harus sehat dan bugar agar tetap semangat menjalani aktivitas sehari-hari. Salah satu kunci agar tetap bugar saat puasa adalah olahraga.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin berolahraga saat puasa.

Hal itu dijelaskan personal trainer di Surabaya, Joel Richard Kedoh. Pria yang akrab disapa Yori itu memberi 4 tips olahraga saat puasa.

Simak penjelasannya berikut ini:

1. Pilih waktu olahraga sebelum berbuka puasa atau setelah sahur

Menurut dia, waktu terbaik untuk olahraga saat puasa di adalah menjelang berbuka puasa. Yakni 1 jam sebelum berbuka puasa.

"Sebaiknya memang di penghujung puasa (menjelang berbuka). Lemak dalam tubuh nanti akan dikonversikan menjadi energi, jadi cukup efektif untuk berolahraga menjelang berbuka," ucap Yori, Selasa (19/4/2022) via detikjatim.

Selain itu, waktu yang bisa dipilih untuk berolahraga saat puasa adalah setelah sahur. Namun, Anda harus cermat memilih jenis olahraga dan menyiapkan energi cadangan untuk beraktivitas seharian.

"Bisa olahraga dengan intensitas ringan, karena kita harus siapin juga energi untuk aktifitas seharian, jadi jangan sampai olahraga berlebihan. Sebab, saat olahraga, energi kita pada level puncak dan adrenalin naik. Nah, kalau kita kehabisan energi, maka aktivitas kita berikutnya akan terganggu," imbuh Yori.

2. Perhatikan jenis olahraga yang dipilih

Bagi Anda yang ingin berolahraga, perhatikan jenis latihan yang dipilih. Yori menyebutkan, ada 4 jenis latihan yang bisa dipilih untuk olahraga saat puasa.

"Bisa squad, push up, bicycle crunch, atau plank. Itu semua bisa dilakukan di mana saja, tidak harus ke gym, yang penting aman, misalnya siapkan matras," ucap dia.

3. Perhatikan kekuatan tubuh, jangan sampai kelelahan saat berolahraga

Menurut Yori, kekuatan tiap orang untuk berolahraga saat puasa itu berbeda-beda. Karenanya, Anda harus memastikan sendiri durasi waktu yang tepat untuk berolahraga. Tujuannya agar tubuh tidak kelelahan saat berolahraga di kala puasa.

"Durasi waktu olahraga bisa 15, 30, atau 45 menit, tiap orang berbeda-beda. Kita harus memastikan sendiri agar tidak kelelahan. Jika mulai pusing, lemas, dan lelah, maka harus berhenti," tutur Yori.

4. Perhatikan asupan gizi saat sahur

Jika Anda ingin olahraga saat puasa, maka perhatikan juga asupan gizi saat sahur. Mulai dari protein, karbohidrat, dan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Itu semua menunjang aktivitas olahraga saat berpuasa.

"Untuk menunjang olahraga, maka perbanyak protein, karena protein itu lama dicerna sehingga kita bisa kenyang lebih lama. Karbohidrat tetap dikonsumsi meski tidak sebanyak protein. Kemudian cairan, semakin berat aktivitasnya, maka asupan air atau cairan yang dibutuhkan semakin banyak, mungkin 2,5 sampai 3 liter," pungkas Yori.

(fox)