Jadwal dan Rute Terbaru Kapal Pelni dari Tanjungpinang dan Bintan Sebelum Lebaran

Jadwal dan Rute Terbaru Kapal Pelni dari Tanjungpinang dan Bintan Sebelum Lebaran

KM Bukit Raya, salah satu kapal yang melayu rute di Kepri.

Tanjungpinang, Batamnews - Kapal penumpang milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menjadi salah satu transportasi favorit bagi masyarakat Kepulauan Riau (Kepri), untuk mudik lebaran.

Beberapa kapal melayani sejumlah rute penumpang di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Kabupaten Bintan dan Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Kota Tanjungpinang.

Berikut kapal PT Pelni beserta rute dan jadwal, yang akan melayani penumpang di Sri Bayintan Kijang dan Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP):

1. KM Bukit Raya akan melayani keberangkatan dari Pelabuhan Sri Bayintan Kijang pada 15 April 2022.

Dari Sri Bayintan, KM Bukit Raya akan berlayar menuju Letung - Tarempa - Natuna - Midai - Serasan - Pontianak - Surabaya - Pontianak - Serasan - Midai - Natuna - Tarempa - Letung - Sri Bayintan Kijang.

Pada tanggal 25 April 2022, KM Bukit Raya akan berangkat kembali dari Sri Bayintan menuju Blinyu dan Tanjung Priok.

Baca juga: KM Dorolonda Gantikan KM Kelud Layani Penumpang Pelabuhan Sri Bayintan Kijang

2. KM Sabuk Nusantara 48, 80 dan 83 akan berangkat dari Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang pada tanggal 23 April 2022.

Dari Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang menuju Jagoh/Dabo Singkep - Pekajang - Blinyu.

Selanjutnya pada 26 April 2022, KM Sabuk Nusantara kembali berangkat dari Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang menuju Tambelan - Midai - Penagi - Serasan - Sintete.

Kemudian KM Sabuk Nusantara kembali tiba di Pelabuhan Sri Bintan Pura pada 2 Mei 2022.

3. KM Dorolonda akan berangkat Pelabuhan Sri Bayintan Kijang menuju Pelabuhan Belawan Medan pada tanggal 21 April 2022.

Kemudian KM Dorolonda akan kembali bersandar di pelabuhan Sri Bayintan Kijang pada tanggal 23 April 2022, dan berangkat ke Tanjung Priok

KM Dorolonda merupakan armada tambahan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran tahun 2022 di Kepri. Kapal yang biasa melayani penumpang di Indonesia bagian timur ini menggantikan KM Kelud yang untuk sementara tidak masuk ke Pelabuhan Sri Bayintan Kijang.

Baca juga: KM Kelud Tak Berlayar ke Batam hingga 27 Maret

 

​​​​​Syarat Mudik Lebaran dengan Kapal Pelni

Vaksinasi Covid-19 menjadi syarat perjalanan bagi calon penumpang yang ingin mudik menggunakan kapal milik PT Pelni.

Bagi calon penumpang yang telah mendapatkan vaksin ketiga atau booster, tidak perlu lagi menunjukan hasil negatif antigen maupun PCR.

Untuk calon penumpang yang sudah dua kali mendapatkan vaksinasi diwajibkan untuk menyertakan hasil negatif RT-PCR dengan jangka waktu 3x24 jam atau hasil negatif rapid antigen 1x24 jam.

Sementara bagi calon penumpang yang baru satu kali menerima vaksinasi Covid-19, diwajibkan menyertakan hasil negatif RT-PCR dalam jangka waktu 3x24 jam.

Terhadap calon penumpang yang berusia di bawah 6 tahun tidak memerlukan syarat-syarat tersebut. Akan tetapi penumpang di bawah usia 6 tahun harus mendapatkan pendampingan orang tua dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kemudian para calon penumpang juga diwajibkan menggunakan aplikasi Pedulilindungi sebagai syarat melakukan perjalanan.

Kepala Operasional PT Pelni Tanjungpinang Suharto mengimbau agar para penumpang disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Ikutilah syarat yang telah ditetapkan pemerintah. Sebaiknya jauh-jauh hari sudah membeli tiket di loket yang berada di kantor kami ataupun di agen travel," tambah Suharto.

(cr1)