Cina Akhirnya Akui Kepulauan Natuna Milik Indonesia

Cina Akhirnya Akui Kepulauan Natuna Milik Indonesia

Masjid Raya Natuna (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Indonesia akhirnya bisa sedikit bernapas lega setelah Pemerintah Cina memberikan pernyataan resmi mengakui hak penuh Indonesia atas Kepulauan Natuna di Laut Cina Selatan.

 

Wilayah ini telah memicu ketegangan sejak beberapa waktu, ketika Cina mereklamasi dan memperluas pulau-pulau kecil Mischief Reef dan Pulau Subi sebagai bagian Kepulauan Spratly di Laut Cina Selatan.

 

Ketegangan ini juga menyita perhatian masyarakat  di Provinsi Kepulauan Riau. Natuna adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kepri. 

 

Baca juga: Lagi-lagi Pungli Pas Pelabuhan di Sekupang Merajalela, Petugas Tak Lagi Malu

 

Kepulauan Natuna, yang berada di antara ujung barat laut Indonesia di Kalimantan dan ujung selatan Vietnam, memiliki sekitar 270 pulau dan berpenduduk 70 ribu jiwa.

 

Pada 12 November, Cina mengejutkan negara-negara di kawasan itu dengan mengeluarkan pernyataan publik mengenai Kepulauan Natuna. Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei, Indonesia tidak memiliki klaim teritorial ke China atas Kepulauan Spratly.

 

"Pihak China tidak keberatan atas kedaulatan Indonesia di Kepulauan Natuna," kata Hong Lei seperti dikutip Washington Times kemarin, Jumat 20 November 2015.

 

Pernyataan Cina ini penting meskipun Kepulauan Natuna berada di luar garis klaim Cina dalam Nine Dash Line yang mengklaim hampir semua wilayah Laut Cina Selatan dan zona ekonomi eksklusif (ZEE) dalam garis tersebut. Ini berarti ada pengakuan Cina terhadap legitimasi Indonesia atas ZEE yang berada dalam garis imajiner wilayah yang diklaim Cina.

Sumber: Tempo/Washintong Time

 

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews