4 Strategi ISIS Hadapi Perang Cyber

4 Strategi ISIS Hadapi Perang Cyber

BATAMNEWS.CO.ID - Kelompok radikal ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) terlibat perang di dunia internet atau perang cyber. ISIS berhadapan dengan grup peretas Anonymous.

Menghadapi perang tersebut, ISIS membagikan 4 strategi melalui aplikasi intan Telegram yang terenskripsi (teramankan, hanya bisa dibaca dengan cara tertentu). ISIS memang menggunaka aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan sesama anggotanya. Alasannya, selain terenkripsi juga akan teerhapus dalam jangka waktu tertentu.

4 strategi tersebut ditulis ISIS menggunakan 2 bahaya, yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris. Inilah 4 strategi ISIS dalam menghadapi cyber war yang disebar melalui aplikasi instan telegram tersebut:

1.Jangan klik tautan yang tidak jelas sumbernya
ISIS menghimbau para anggota untuk tidak meng-klik tautan (link) dari sumber yang tidak diketahui kredibilitasnya.

2. Jangan berbicara dengan orang yang tak dikenal
ISIS menghimbau para anggota agar tidak berbicara dengan orang yang tidak dikenal di Telegram.

3. Hindari ftur Direct Message (DM) di Twitter
Pendukung ISIS juga diminta untuk menghindari fitur Direct Message (DM) di Twitter.

4. Gunakan VPN
ISIS juga meminta para anggotanya untuk selalu menggunakan VPN (virtual private network) saat browsing internet.

Perang cyber antara ISIS dengan kelompok anti ISIS Anonymous ini berawal ketika Anonymous mengklaim berhasil mengambilalih ribuan akun Twitter yang diduga dioperasikan oleh kelompok pendukung ISIS. Akun-akun Twitter tersebut selama ini digunakan sebagai alat propaganda atau penyebar informasi teror yang dilakukan ISIS.

Kabar penguasaan "senjata digital" milik ISIS tersebut diungkapkan langsung oleh Anonymous melalui akun Twitter @opparisofficial, yang khusus dibuat untuk operasi perang cyber ini.

Anonymous telah mengunggah video deklarasi perang terhadap ISIS ke situs YouTube.

Ancaman tersebut dilancarkan sebagai respon atas penyerangan penembakan dan pengemboman di kota Paris, Perancis, Jumat (13/11/2015) malam.

Sumber: Nextren

[rul]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews