Arab Saudi Izinkan 1 Juta Muslim di Bawah Usia 65 Tahun Tunaikan Haji Tahun Ini

Arab Saudi Izinkan 1 Juta Muslim di Bawah Usia 65 Tahun Tunaikan Haji Tahun Ini

Ilustrasi. (Foto: ist)

Kuala Lumpur - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi (MoHU) telah mengumumkan bahwa jumlah jemaah haji yang diperbolehkan pada musim haji tahun ini 1443 Hijrah / 2022 M dibatasi untuk satu juta jemaah haji lokal dan internasional.

Dalam pernyataan resmi yang dibagikan di Twitter, Sabtu (9/4/2022), kementerian mengatakan jumlah jemaah haji internasional untuk tahun ini akan mengikuti kuota yang dialokasikan untuk setiap negara dengan mempertimbangkan kepatuhan terhadap semua kriteria perawatan kesehatan.

Kementerian menekankan bahwa musim haji tahun ini terbuka untuk jemaah di bawah usia 65 tahun dan mengambil vaksin dasar Covid-19 yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan Saudi.

Menurut pernyataan itu, jemaah yang datang dari luar Arab Saudi wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19 dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan.

Kementerian juga mengingatkan perlunya jemaah haji untuk mematuhi tindakan pencegahan dan mengikuti semua instruksi kesehatan saat melakukan ibadah mereka.

Sebagai catatan, tahun lalu Arab Saudi hanya mengizinkan 60.000 jemaah haji domestik termasuk warga negaranya dan orang asing yang berada di dalam negeri untuk menunaikan ibadah haji.

(dod)