Daftar Negara yang Lolos Piala Dunia 2022, Terbaru Jepang dan Arab Saudi

Daftar Negara yang Lolos Piala Dunia 2022, Terbaru Jepang dan Arab Saudi

Piala Dunia 2022 Qatar.

Jakarta, Batamnews - Sudah ada 17 negara yang dipastikan lolos putaran final Piala Dunia 2022. Terkini adalah Tim Nasional (Timnas) Jepang dan Arab Saudi, sementara Australia masih harus berjuang melalui playoff.

Dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Jepang berhasil mengalahkan Australia 2-0 di Sydney, Kamis (24/3/2022) sore WIB. Wajib menang untuk menjaga peluang lolos, Socceroos selaku tuan rumah malah tak berkutik.

Kaoru Mitoma yang baru masuk di menit ke-84 menjadi pahlawan kemenangan Jepang dengan membobol gawang Mathew Ryan dua kali, masing-masing di menit ke-89 dan 90+4.

Baca juga: Paul Pogba Kecurian, Medali Piala Dunia Ikut Digondol Maling

Dengan tambahan tiga poin, Jepang menempati puncak klasemen Grup B dengan 21 poin dari 9 laga. Ini akan menjadi penampilan ketujuh secara beruntun bagi Jepang di Piala Dunia sejak 1998.

Hasil yang diraih Jepang menjadi berkah bagi Arab Saudi. Mereka sedianya baru akan bertanding melawan China nanti malam, namun sekarang mereka sudah dipastikan lolos sebelum bertanding dengan koleksi 19 poin dari 8 laga.

Sebab Australia yang ada di urutan ketiga baru mengumpulkan 15 poin dari 9 pertandingan. Dengan menyisakan satu laga, Australia sudah tak mungkin mengejar perolehan poin Jepang dan Arab Saudi.

Kini skuad asuhan Graham Arnold harus berjuang lewat playoff yang akan dimainkan pada Juni mendatang. Mereka terlebih dulu menghadapi peringkat ketiga Grup A, yang saat ini masih diperebutkan Uni Emirat Arab, Lebanon, dan Irak.

Baca juga: Final Piala Dunia Antarklub 2021: Chelsea Tantang Palmeiras

Pemenang duel tersebut akan kembali bertanding sepekan berselang melawan peringkat kelima klasemen akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL, yang masih bisa ditempati Ekuador, Kolombia, Cile, Peru, dan Uruguay.

Dengan demikian, lengkap sudah empat tim yang lolos langsung dari kualifikasi zona Asia. Korea Selatan dan Iran sudah memastikan diri lolos pada awal tahun lalu, menemani Qatar yang menjadi tuan rumah.

Negara yang sudah lolos ke Piala Dunia 2022 (per 24 Maret 2022):

1. Qatar
2. Jerman
3. Denmark
4. Brasil
5. Prancis
6. Belgia
7. Kroasia
8. Spanyol
9. Serbia
10. Inggris
11. Swiss
12. Belanda
13. Argentina
14. Iran
15. Korea Selatan
16. Jepang
17. Arab Saudi


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews