`Sultan` Arab Mau Beli Chelsea Rp 50,4 Triliun dari Roman Abramovich

`Sultan` Arab Mau Beli Chelsea Rp 50,4 Triliun dari Roman Abramovich

(Foto: ist via Suara.com)

London, Batamnews - Bos media asal Arab Saudi, dikabarkan siap membeli Chelsea seharga Rp 50,4 Triliun.

Chelsea memang harus dijual Roman Abramovich setelah invasi Rusia ke Ukraina beberapa pekan lalu. Ini membuat Abramovich didesak banyak pihak agar melepas kepemilikannya sehingga Chelsea tidak terbawa konflik panas Rusia dan negara-negara rivalnya.

Sayangnya, proses penjualan klub bisa saja terhambat karena Abramovich lagi disanksi pemerintah Inggris sehingga asetnya dibekukan, termasuk Chelsea. Bahkan Chelsea akan kesulitan membayar gaji pemain dan pelatih serta operasional lainnya karena rekeningnya ikut dibekukan.

Baca juga: Sanksi Inggris untuk Abramovich Bisa Bikin Chelsea Mati Pelan-pelan

Dengan demikian, Abramovich tidak bisa melakukan penjualan klub secara langsung dan Pemerintah Inggris akan mengambil alih. Sudah ada beberapa calon pembeli yang tertarik membeli Chelsea.

Yang terbaru adalah orang kaya asal Arab Saudi Mohamed Alkhereiji. Mirror melansir Alkhereiji adalah pimpinan Saudi Media dan merupakan CEO dari perusahaan induk Engineer Holding Group yang didirikan ayahnya Abdulelah AlKhereiji.

Alkhereiji sempat tinggal beberapa tahun terakhir di Inggris karena menempuh pendidikan di Cass Business School (kini Bayes Business School)di London dan menghabiskan tiga tahun bekerja di Deutsche Bank.

Rupanya Alkhereiji adalah fans Chelsea dan sempat mengunggah foto sedang menonton laga kontra Arsenal di Stamford Bridge pada 2017. Saat itu Eden Hazard mencetak gol lewat aksi individu dari setengah lapangan sebelum Chelsea menang 3-1.

Baca juga: Krisis Chelsea, Thomas Tuchel Sebut Pemain dan Staf Mulai Khawatir

Terakhir Alkhereiji menonton langsung Chelsea pada November lalu saat berimbang 1-1 kontra Manchester United. Alkhereiji pun siap membeli klub favoritnya itu dari Abramovich dengan nilai 2,7 miliar paun atau sekitar Rp 50,4 triliun.

Harga itu hanya berselisih tipis dari angka yang diminta Abramovich di awal, yakni Rp 57,6 trilliun. Dengan kondisi saat ini, peluang Alkhereiji membeli Chelsea terbuka lebar ditambah Abramovich sudah ditendang dari jajaran manajemen klub oleh Premier League.

Alkhereiji memang penggila sepakbola karena juga memiliki klub Liga Arab Al-Nassr. Dipastikan Alkhereiji tidak ada sangkut pautnya dengan pemilik Newcastle United Pangeran Mohammed bin Salman, karena Premier League melarang adanya kepemilikan ganda.

Jika jadi membeli Chelsea, Mohamed Alkhereiji akan merenovasi Stamford Bridge dan pusat latihan tim di Cobham, serta memperpanjang kontrak para pemain topnya seperti Antonio Ruediger dan Cesar Azpilicueta. Dengan pendapatan lebih dari 770 juta paun per tahun, rasa-rasanya hal itu tidak akan sulit dilakukan Alkhereiji.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews