GERD Tak Sembuh-sembuh, Maia Estianty Ternyata Idap Batu Empedu

GERD Tak Sembuh-sembuh, Maia Estianty Ternyata Idap Batu Empedu

Maia Estianty (Foto: Instagram/@maiaestiantyrea)

Batam - Maia Estianty beberapa waktu lalu sempat dilarikan ke rumah sakit oleh Dul Jaelani lantaran mengalami penyakit GERD, asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Ia pun mendapatkan perawatan dan dirawat selama 4 hari lamanya. Sayang, kondisinya itu tak kunjung membaik dan akhirnya Maia harus mengecek kondisinya ke dokter spesialis penyakit dalam. Rupanya ia mengidap batu empedu.

"Karena aku empat hari nggak membaik aku kontak dokter Chang, ahli pencernaan bagian dalamlah pokoknya. Oleh dokter Chang dikasih tahu kenapa GERD ku kambuh, ternyata karena ini (batu empedu)," kata Maia Estianty dikutip dari YouTube Maia Aleldul TV, Selasa (5/4/2022).

Menurut dokter, batu empedu tersebut yang jadi penyebab penyanyi kondang tersebut mengalami penyakit lambung atau GERD.

"Karena batunya besar dia mau masuk ke saluran nggak bisa, nyangkut di situ. Bikin sakit," jelas sang dokter.

Lantas, apa sih itu batu empedu?

Dikutip dari EMC Healthcare, Selasa (5/4/2022), batu empedu adalah potongan bahan padat yang terbentuk di kantong empedu organ kecil di bawah hati. Batu empedu dapat berkisar dari ukuran sebutir pasir hingga sebesar bola golf.

Ketika batu empedu tersebut memblokir saluran empedu, seseorang kemungkinan akan merasakan sakit dan membutuhkan perawatan segera.

Gejalanya pun tergantung dari ukuran batu empedu. Kebanyakan kasus, batu empedu tidak menimbulkan gejala sama sekali. Namun, jika memicu gejala, dapat berupa:

* Nyeri di perut bagian atas, sering di sebelah kanan, tepat di bawah tulang rusuk

* Nyeri di bahu atau punggung kanan

* Sakit perut

* Muntah

* Masalah pencernaan lainnya, termasuk gangguan pencernaan, mulas, dan gas


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews