Tak Perlu Pakai Alarm, Nih 6 Cara Alami Biar Bisa Bangun Pagi

Tak Perlu Pakai Alarm, Nih 6 Cara Alami Biar Bisa Bangun Pagi

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Buat sebagian orang, bangun pagi memang bukan urusan mudah. Alarm jadi satu-satunya yang diandalkan agar bisa bangun pagi.

Namun, sering kali, bangun tidur karena alarm menandakan tubuh tidak mendapatkan jam tidur yang cukup. Daripada dikagetkan bunyi alarm setiap pagi yang justru membuat badan lemas, sebaiknya coba cara-cara berikut yang lebih alami agar bisa bangun pagi.

1. Berjemur

Tetap di dalam rumah, apalagi ditemani serial favorit dan sofa yang nyaman, memang membuat malas keluar rumah. Namun, demi bisa bangun pagi, sebaiknya keluar rumah dan berjemur. Paparan sinar matahari akan membantu tubuh mengatur jam sirkadian. Tubuh pun tahu kapan harus bangun dan kapan harus tidur.

Baca juga: Tips Merawat Kulit Wajah Ala Aktris Korea Han So-hee Biar Tetap Kinclong

2. Olahraga

Ajak tubuh untuk bergerak. Dikutip dari laman Sleep Advisor, bergerak dan berolahraga adalah cara luar biasa untuk tetap terjaga. Anda tidak harus ke pusat kebugaran atau lapangan terbuka. Lakukan olahraga sederhana di dalam rumah, peregangan atau joging sudah cukup jika dilakukan rutin.

3. Stimulasi otak

Di samping olahraga, Anda bisa membuat tubuh dan pikiran aktif dengan membaca buku atau mengisi teka-teki silang. Cara ini akan merangsang otak dan membuatnya lebih waspada.

4. Sarapan

Pastikan Anda tidak melewatkan sarapan. Sarapan sebaiknya berisi nutrisi untuk mendukung aktivitas seharian.

Cek lagi menu sarapan Anda. Menu sarapan yang sehat wajib mengandung protein dan biji-bijian utuh. Keduanya akan membantu memasok energi sekaligus memberikan rasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Berapa Luas Ideal Rumah Keluarga Indonesia? Ini Ukuran Tiap Ruangannya

5. Jam tidur konsisten

Aktivitas seharian mulai dari bangun hingga tidur kembali yang konsisten akan berpengaruh pada waktu tidur di malam hari. Selain itu, Anda juga perlu membangun kebiasaan baik di malam hari agar bangun lebih mudah tanpa memerlukan alarm.

Mengutip Metro, sebaiknya ciptakan rutinitas tidur yang konsisten, termasuk tidur dan bangun di jam yang sama, baik saat hari kerja maupun di akhir pekan.

6. Hindari kebiasaan buruk jelang tidur

Jelang tidur, hindari kebiasaan-kebiasaan yang diam-diam membuat istirahat jadi kacau. Kuncinya, hindari konsumsi kafein dan alkohol jelang jam tidur, ciptakan kamar yang nyaman dan tanpa distraksi, termasuk distraksi gawai dan penggunaan cahaya minimal.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews