Tiga Minuman dengan Bahan Alami untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Tiga Minuman dengan Bahan Alami untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Foto: iStock

Batam, Batamnews - Rutin mengonsumsi minuman yang kaya akan vitamin, mineral, protein, dan antioksidan diklaim bisa membantu meningkatkan imun tubuh. Sistem imunitas memiliki peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Dilansir dari Healthline, berikut ada beberapa jenis minuman penambah imunitas dengan bahan dasar buah-buahan hingga rempah.

Baca juga: 5 Dampak Kurang Olahraga bagi Otak, Susah Fokus hingga Risiko Depresi

1. Racikan rempah

Minuman pertama terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan tambahan cuka apel. Semua bahan tersebut bersifat anti-inflamasi serta anti-bakteri.

Misalnya kunyit dan jahe, keduanya kaya akan antioksidan, antiseptik, sebagai penyembuh alami sekaligus meningkatkan sel darah putih yang berfungsi bagi sistem imun.

Sementara cuka apel efektif menekan pertumbuhan patogen jahat serta meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.

Berikut cara membuat minuman dengan racikan rempah-rempah:

Ramuan kunyit madu: Siapkan ½ sdt kunyit bubuk, 2 sdm madu, sejumput bawang putih cincang, air panas. Semua bahan diseduh dengan air panas sampai larut, kemudian diminum.

Ramuan jahe dan cuka apel: 1 ruas jahe digeprek, tambahkan 2 sdm madu, 1 sdm vinegar apel, segelas air panas, aduk sampai tercampur rata dan tinggal minum selagi hangat.

 

2. Jus kombinasi buah dan sayuran

Minuman penambah imunitas berikut ini berbahan dasar buah-buahan dan sayuran hijau. Ada jeruk, stroberi, kiwi, buah bit, apel, wortel, daun kale, tomat.

Buah sitrus seperti jeruk, berry, dikenal sebagai sumber vitamin C terbaik serta kaya antioksidan untuk melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas.

Selain vitamin C, sayuran yang mengandung vitamin A, B-6, K, juga tidak kalah penting dalam memproduksi antibodi. Di bawah ini terdapat beberapa resep minuman jus buah kombinasi sebagai peningkat daya tahan tubuh:

Jus jeruk wortel: Sesuai dengan namanya jus ini hanya menggunakan dua bahan yaitu perasan air jeruk jenis apa saja dan 1 buah wortel, kemudian di blender sampai halus, lalu diminum.

Jus kombinasi: Jus kombinasi berikut memakai daun kale, wortel, apel, lemon, buah bit, sedikit air. Untuk takaran bisa disesuaikan. Semua bahan cukup di blender hingga halus.

Baca juga: 7 Tips Sederhana untuk Dapatkan Pinggang Ramping

3. Smoothie

Smoothie buah juga dapat menjadi alternatif lain minuman penambah imun apabila Anda kurang suka jus dan minuman racikan.

Supaya lebih kaya nutrisi, tidak ada salahnya menambahkan probiotik sebagai penghalang patogen jahat ke dalam tubuh yang berasal dari plain yoghurt, greek yoghurt, dan susu skim.

Untuk bahan dasar membuat smoothie bisa memakai buah stroberi, blueberry, kiwi, pisang, buah bit, atau ditambah sayuran hijau.

Berikut cara membuat minuman smoothie untuk menambah imunitas:

Green smoothie: Siapkan 1 cup daun kale atau bayam, 1 gelas susu almond, 1 sdm lemon, ½ cup kiwi, apel, mangga. Blender semua bahan sampai halus mengental, lalu sajikan untuk diminum.

Berry smoothie: 1 cup greek yoghurt, 1 cup susu skim, 2 cup stroberi yang dicampur buah berry jenis lainnya. Blender semua bahan sampai tercampur rata, lalu sajikan untuk diminum.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews