Terungkap Biang Kerok Minyak Goreng Curah Mahal dan Sulit Didapat di Kepri

Terungkap Biang Kerok Minyak Goreng Curah Mahal dan Sulit Didapat di Kepri

Ilustrasi

Tanjungpinang, Batamnews - Susahnya mendapatkan minyak goreng curah di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ternyata disebabkan belum meratanya pasokan ke kabupaten/kota.

Untuk se-Provinsi Kepri, hanya terdapat satu saja perusahaan distributor minyak goreng curah. Kemudian pemerintah kabupaten/kota juga belum berkoordinasi dengan perusahaan distributor minyak goreng bersubsidi tersebut.

Satu-satunya perusahaan yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mendistribusikan minyak goreng curah di Kepri adalah PT SON, yang berada di Kota Batam.

"Di Kepri ini hanya satu distributor minyak goreng curah yang ditunjuk, yaitu PT SON di Batam," kata Pengawas Perdagangan Disperindag Provinsi Kepri, Andri Kurniawan, Senin (28/3/2022).

Baca juga: Harga Minyak Goreng Curah di Tanjungpinang Capai Rp 20.000 Per Liter

Untuk mengatasi kelangkaan, Andri menyebutkan pihaknya telah meminta kabupaten/kota untuk menghubungi PT SON supaya bisa menyuplai minyak goreng curah. Selanjutnya pemerintah daerah setempat dapat menunjuk sub distributor di daerah masing-masing.

"Kita sudah minta kabupaten/kota untuk menghubungi PT SON," ujar Andri.

Untuk saat ini harga minyak goreng curah di Kepri tergolong tinggi, yakni mencapai Rp 20.000 per liter. Hal ini disebabkan para pedagang banyak mendapatkan minyak curah yang berasal dari luar provinsi Kepri, sehingga modal pembelian mereka juga tinggi.

"Rata-rata pedagang dapat minyak dari kapal-kapal dari Medan. Untuk modalnya saja sudah Rp 16.000. Jadinya mereka jual Rp 18.000 per liter," sebut Andri.

Baca juga: Dihargai Rp 15 Ribu, Minyak Goreng Langsung Ludes saat Pasar Murah di Bengkong

Sebelumnya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad melalui keterangan tertulisnya telah memperkirakan masyarakat akan memburu minyak goreng curah.

"Untuk minyak goreng curah selama ini memang sangat sedikit beredar di Kepri. Masyarakat lebih dominan membeli minyak goreng kemasan. Seiring dengan perubahan kebijakan terbaru ini bisa saja permintaan minyak goreng curah akan meningkat," kata Ansar.

Ansar menyampaikan Pemerintah Provinsi Kepri mengupayakan ketersediaan minyak goreng curah. Menurutnya Oemprov Kepri akan mendorong dan memfasilitasi pelaku usaha di kabupaten maupun kota untuk dapat memasok dan memperdagangkan minyak goreng curah.

"Kita juga sudah mengajukan kepada Pemerintah Pusat untuk memberikan penugasan kepada produsen-produsen minyak goreng baik yang ada di dalam maupun di luar Kepri, untuk memasok minyak goreng di wilayah Kepri," sebut Ansar.

(cr1)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews