Viral Dipakai Pawang Hujan di Mandalika, Singing Bowl Bisa untuk Terapi

Viral Dipakai Pawang Hujan di Mandalika, Singing Bowl Bisa untuk Terapi

Ilustrasi singing bowl. Foto: Getty Images/iStockphoto/SergeyChayko

Jakarta - Aksi pawang hujan Rara Istiani Wulandari di Sirkuit Pertamina Mandalika viral di media sosial. Dalam video beredar, Rara membawa dan membunyikan mangkuk keemasan atau 'Singing Bowl'.

Selain sebagai properti pawang hujan sebagaimana diperagakan Rara, singing bowl banyak dipakai untuk meditasi dan penyembuhan. Benda ini dipercaya mengubah gelombang otak untuk mencapai body relaxation.

Baca juga: BMKG: Hujan Berhenti di MotoGP Mandalika Bukan Karena Pawang Hujan

"Suara karena mengubah gelombang otak kita dari tinggi, misalnya dari cepat dan tinggi dari gama ke beta, atau beta ke alfa, alfa ke teta, sehingga ketika kita dalam kondisi yang tidak menentu, kacau, mau meditasi, menggunakan singing bowl akan mampu membuat gelombang otak masuk ke kondisi metal dan body relaxation. Sehingga kita bisa lebih deep (dalam) meditasinya," ujar praktisi singing bowl yang juga founder dari Singing Bowl Indonesia, Adeline Windy via detikcom, Selasa (22/3/2022).

"Ada singing bowl rendah, deep, ada yang suaranya tinggi. Ini juga yang bikin kita bisa meditasi. Sifatnya yang misalnya meditasi mau meditasi cinta kasih atau mau memanifestasikan sesuatu. Ini manifestasikan di kepala, di brain (otak), suara singing bowl-singing bowl tinggi membantu kita lebih masuk," imbuhnya.

Adeline menjelaskan, tak hanya untuk profesional, singing bowl boleh digunakan oleh orang awam. Memang, terdapat beragam tipe singing bowl bergantung pada berat, besar-kecil, serta getaran. Akan tetapi, semua orang bisa belajar menggunakan singing bowl baik untuk meditasi, atau fungsi lain seperti cleansing dan terapi fisik.

Praktisi singing bowl lainnya dari Singing Bowl Indonesia, Ivonne Teguh Sentosa, menjelaskan hal senada. Ia menjelaskan, singing bowl adalah 'tools' yang membantu mempengaruhi gelombang otak. Walhasil pada orang yang sering overthink, mudah stres, singing bowl bisa membantu agar orang tersebut menjadi lebih tenang.

Baca juga: Unik! Cuma di Indonesia, MotoGP Ada Pawang Hujannya

"Nggak harus meditasi, tapi duduk dan dengarkan. Nggak sambil ngapa-ngapain, nggak harus menulis terus dikentung, itu nggak. Benar-benar duduk dan didengarkan. Harus fokus, mindful pendengaran kita," terang Ivonne pada detikcom.

"Boleh (orang awam menggunakan singing bowl untuk menenangkan pikiran). Karena teman aku yang dia masuknya mengenalnya karena merasakan suara itu, dia hanya merasakan suaranya adem banget, tenang banget," pungkasnya.

 

Adeline juga menyarankan, untuk orang-orang baru ingin memiliki atau menggunakan singing bowl, pilihlah jenis singing bowl dengan getaran dan suara yang cocok agar nyaman digunakan sehari-hari.

"Kalau kita cocok, kita suka, kita bisa menggunakannya sehari-hari. Kalau nggak cocok, kita juga nggak mau dengerin. Lalu suara terapi suara itu adalah sesuatu yang salah satu yang esensial, yang ada melekat dengan diri kita dari kita di dalam perut ibu, mendengar suara ibu, berbicara, mendengar musik, seperti itu," jelas Adeline.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews