Menhub Izinkan Seluruh Pelabuhan Internasional di Batam Dibuka

Menhub Izinkan Seluruh Pelabuhan Internasional di Batam Dibuka

Pelabuhan Internasional Batam Centre, salah satu pintu masuk warga asing ke Batam.

Batam, Batamnews - Seluruh pelabuhan internasional yang ada di Kota Batam, Kepulauan Riau sudah diizinkan untuk dibuka sebagai pintu masuk (entry point) kedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). 

Selama ini, hanya Pelabuhan Feri Internasional Nongsa Pura yang dijadikan entry point kedatangan PPLN. 

“Tadi kata pak Dandim (Batam) sudah ada surat dari Menteri Perhubungan, seluruh pelabuhan internasional sudah diizinkan untuk dibuka,” ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di Sekupang, Jumat (18/3/2022). 

Ia mengatakan pada Senin (21/3/2022), pihaknya akan rapat bersama dengan pihak pelabuhan dan operator kapal untuk persiapan membuka pelabuhan internasional. 

“Perlu dipersiapkan kembali, karena sudah lama pelabuhan tutup, paling tidak seperti Pelabuhan Nongsa, tempat untuk PCR harus ada,” katanya. 

Di samping itu, pihaknya juga sedang berusaha agar kasus Covid-19 berada pada angka nol. Sehingga wisatawan asal Singapura dan Malaysia bisa percaya bahwa Batam dalam keadaan aman. 

“Kepercayaan itu yang paling penting, saat ini masuk Batam juga sudah bebas karantina,” kata dia. 

Dengan dibukanya pelabuhan internasional secera keseluruhan, Ia berharap sektor pariwisata kembali mulai bergairah. Sebelum Covid-19 menerpa, jumlah wisman yang ke Batam mencapai 2 juta orang dalam setahun. 

“Kami targetkan, tahun ini bisa naik 1,5 kali lipat,” katanya. 

Pihaknya optimis target wisman tersebut dapat tercapai, karena destinasi wisata di Batam sudah mulai diperbaharui dan dipercantik. 

“Sudah ada Taman Rusa, selain itu Taman Kolam juga masih sedang proses diperbaharui,” ucapnya. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews